Pada saat Winamp masih jaya sebagai pemutar musik di Windows XP, Foobar2000 dan AIMP adalah salah satu pemutar musik yang memberikan alternatif. Namun jika kamu menyukai kesederhanaan tampilan, fleksibilitas dalam konfigurasi, namun powerful dalam mengeksekusi tugas memutar musik yang diberikan, maka Foobar2000 merupakan alternatif yang sempurna!

Di era Windows 10, Foobar2000 nampaknya mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan aplikasinya di Microsoft Store. Foobar2000 versi Windows 10 ini juga mendukung berbagai format file audio. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur untuk mengorganisir metadata dan folder, serta juga memiliki antarmuka converter untuk penggunaan dengan command line encoder. Untuk memaksimalkan kualitas musik yang didengarkan, Foobar2000 juga memiliki fitur noise shaping dan dithering.

Aplikasi ini memiliki fitur:

  •  Mendukung format audio: MP3, MP4/M4A, CD Audio, WMA, Vorbis, Opus, FLAC, WavPack, WAV, AIFF, Musepack
  • playback tanpa jeda
  • Kapabilitas tagging yang canggih
  • Dukungan ReplayGain
  • Pintasan keyboard yang bisa dikustomisasi

Saya sudah mencoba menggunakan pemutar musik ini, dan dari segi kualitas pemutaran musik, boleh diacungi jempol! Dukungan FLAC juga salah satu hal yang menyenangkan bagi saya, karena saya memiliki banyak album berformat lossless. Tampilannya memang agak datar-datar saja, namun kita bisa menutup mata untuk hal ini, terutama jika mendengarkan musik hanya sebagai ‘latar’ saat mengerjakan tugas lain.

Sayangnya salah satu fitur yang mempopulerkan Foobar2000 sejak lama, yaitu dukungan komponen add-on, belum dapat dilakukan. Meskipun demikian, developer menjanjikan untuk menyajikan fitur ini di masa mendatang. Penasaran ingin mengunduh? Langsung saja cek di Microsoft Store!

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.