Akhir dukungan Windows 7 pada 14 Januari 2020 menjadi kabar buruk bagi sebagian orang yang masih menggunakan system operasi ini. Selain itu dikabakarkan bahwa ada masalah yang hadir pada update KB4534310 untuk Windows 7.

Seperti yang kita sudah ketahui semuanya, Microsoft hanya akan memberikan update Windows 7 kepada pengguna yang berlangganan Extended Security Update saja, dan merekomendasikan pengguna untuk melakukan upgrade ke Windows 10. Tetapi menurut Free Software Foundation atau biasa disebut FSF, hal tersebut harusnya tidak perlu terjadi karena semua orang bisa terus menerima update jika Microsoft membuka source system operasi dan memungkinkan masyarakat untuk mempertahankannya.

“Microsoft’s support of Windows 7 is over, but its life doesn’t have to end. We call on Microsoft to upcycle it instead,” FSF berkata dalam sebuah petisi.

FSF menuduh Microsoft membuat banyak kesalahan dengan Windows 7.

“On January 14th, Windows 7 reached its official “end-of-life,” bringing an end to its updates as well as its ten years of poisoning education, invading privacy, and threatening user security. The end of Windows 7’s lifecycle gives Microsoft the perfect opportunity to undo past wrongs, and to upcycle it instead,” kata organisasi itu.

FSF mengklaim bahwa dengan Open Sourcenya Windows 7, Microsoft dapat memungkinkan masyarakat untuk “study, modify, and share” kode dalam system operasi. Dan ini juga memungkinkan Microsoft untuk menghormati kebebasan dan privasi pengguna, “respect the freedom and privacy” kata FSF.

“We call on them to release it as free software, and give it to the community to study and improve. As there is already a precedent for releasing some core Windows utilities as free software, Microsoft has nothing to lose by liberating a version of their operating system that they themselves say has ‘reached its end,’” Lanjutnya

Pada saat saya menulis artikel ini, sudah ada 8830 dukungan, namun kembali lagi Microsoft tentu belum merespon ini dan bisa saja tidak akan merespon, Microsoft memiliki banyak alasan kenapa Windows 7 tidak akan di open source kan, selain karena pendapatan, faktanya Windows 10 memiliki banyak code yang serupa dengan Windows 7, dan membuat Windows 7 Open Source adalah langkah yang buruk.

Kamu bisa melihat Petisinya dihalaman berikut.

Via : News Softpedia

  Buat yang Butuh Hape Baterai Monster! 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.