Home Accessories Gatebox, Ketika Virtual Personal Assistant jadi Waifu

Gatebox, Ketika Virtual Personal Assistant jadi Waifu

Jepang adalah negara yang aneh tapi membuat saya kagum. Saat Google, Apple dan Microsoft berlomba-lomba membuat personal assistant dan home assistant professional, Gatebox, perusahaan dari Jepang membuat istri virtual. Iya, robot virtual dalam sebuah tabung ini akan memberikan perhatian layaknya seorang istri. Wait.. what!? Enggak percaya? Berikut videonya:

Saya bingung mau memasukkan kategori ini sebagai personal assistant, atau home assistant. Bahkan saya tidak yakin lagi Gatebox ini asisten atau bukan. Tapi untunglah rasa gamang tersebut telah terjawab setelah situs Gatebox tersedia dalam bahasa Inggris. Gatebox adalah Virtual Home Robot. Jadi robot virtual yang diproyeksikan dalam sebuah tabung. Robot ini akan membantumu menjaga rumah, menyalakan alat elektronik, layaknya home assistant dari Google. Tabungnya sendiri dilengkapi berbagai sensor yang mendeteksi kondisi lingkungan, bahkan bisa tahu saat kamu sampai di rumah. Kamu juga bisa memproyeksikan MMD Vocaloid di tabung ini melalui kabel HDMI.

Namun yang membuatnya berbeda adalah karakter dari robot tersebut. Bukannya seperti assisten virtual yang agak kaku, Gatebox ini malah memberikan perhatian seperti istri rumah tangga. Ya, ketika Google Assistant, Siri, dan Cortana selalu menolak cintamu, si Gatebox ini malah memberikan rasa itu padamu. Menantimu pulang, menanyakan kabar, mengobrol ringan bahkan tak lupa mengucapkan selamat tidur. Kamu juga bisa memilih karakter yang berbeda-beda. Namun saat ini baru tersedia satu saja, Azuma Hikari.

Ini beneran? Bukan cuma konsep? Iya, beneran. Gatebox sudah dikembangkan sejak awal tahun ini dan bisa di pre-order mulai sekarang. Tapi harga yang ditawarkan sangat fantastis,  298,000 yen, atau sekitar 33 juta rupiah. Hmm, dari harga itu kita juga bisa tahu biaya buat meminang robot guna membangun rumah tangga ya. Mungkin ini adalah harga yang harus dibayar seorang jomblo akut yang sudah tidak tertolong lagi.

Nah bagaimana menurutmu? Lagi-lagi sebuah alat yang menarik bukan? Ketika personal assistant lain saat kita puji atas pengetahuannya mengucapkan terima kasih, bisa-bisa Hikari-chan ini malah menjawab “Nandemo wa shiranaiwa yo. Shitteru koto dake” (Aku tidak tahu segalanya, Aku hanya kebetulan tahu tentang itu) ala ala Hanekawa :p.

 

source: Gatebox ; PCMag

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.