Baru baru ini dilaporkan (via Neowin), dalam sebuah postingan di forum komunitas bantuan Android, Google menyatakan bahwa perangkat Huawei baru tidak boleh melakukan sideload aplikasi Google. Kenapa?

Dalam pernyataannya larangan tersebut dibuat karena metode sideload memiliki resiko tinggi untuk menginstal aplikasi yang sudah diubah, selain itu dikarenakan perangkat Huawei tidak disetujui oleh Google, aplikasinya mungkin tidak akan berjalan maksimal dan dapat menyebabkan perangkat bermasalah.

Sedikit informasi, apa itu Sideload?, Sideload merupakan sebuah tindakan mengintal aplikasi dari luar App Store, misalkan melalui APK.

Mengomentari masalah ini, Tristan Ostrowski, Android & Play Legal Director mengatakan : “Due to government restrictions, Google’s apps and services are not available for preload or sideload on new Huawei devices. … In addition, sideloaded Google apps will not work reliably because we do not allow these services to run on uncertified devices where security may be compromised. Sideloading Google’s apps also carries a high risk of installing an app that has been altered or tampered with in ways that can compromise user security.”

Kita sendiri sudah tahu bahwa aplikasi dan layanan Google sudah membuat hampir setiap orang merasa sudah benar benar perlu Google dan seluruh layanannya didalam kehidupan, misalkan saja Youtube coba bayangkan jika tidak ada aplikasi dan layanan Youtube, mau apa jadinya?

Mengenai masalah Sideload aplikasi Google, pengguna huawei sebenarnya bisa menginstal layanan Google sendiri melalui akses pihak ketiga, yaitu dengan OpenGApps, anak root dan yang sudah sering bermain dengan custom rom di perangkat mereka mungkin sudah tidak asing lagi dengan OpenGApps, dimana kita bisa menginstal semua aplikasi Google termasuk Google Play Service langsung kedalam system android. Namun sayangnya cara instalnya agak sedikit membutuhkan pengetahuan teknis, namun Google banyak kok caranya.

Nah silahkan berikan komentar dan opinimu dibawah guys, menurutmu tanpa layanan Google apakah dunia akan masih seru seperti sekarang?

Sumber : Google, Neowin

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.