Google Kembangkan AI ‘Genesis’, AI Untuk Generate Artikel Berita!

Selain tengan mengembangkan Bard, Google juga baru baru ini dilaporkan tengah mengembangkan AI baru yang mereka beri nama ‘Genesis’ dimana AI ini dikatakan dapat menghasilkan artikel berita dan kabarnya dapat merevolusi cara berita diproduksi.

Genesis sendiri kabarnya menggunakan “rincian peristiwa terkini” dan informasi lain untuk menghasilkan salinan berita.Dimana dengan itu para wartawan dapat menggunakan Genesis untuk membantu mereka menulis artikel dan membebaskan mereka untuk fokus pada tugas lain, seperti pelaporan dan proses editing.

Sementara itu, menurutlaporan NY Times (via Neowin), Google telah mengirimkan Genesis ke beberapa organisasi berita besar, termasuk The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Washington Post.Dan dikatakan bahwa Genesis dapat menghasilkan “artikel berita faktual berkualitas tinggi” dengan biaya yang lebih murah daripada jurnalisme tradisional.

Dalam kemitraan dengan penerbit berita, terutama penerbit kecil, kami sedang dalam tahap awal mengeksplorasi ide untuk menyediakan alat yang mendukung AI guna membantu jurnalis dalam pekerjaan mereka.

Misalnya, alat yang mendukung AI dapat membantu jurnalis dengan opsi tajuk utama atau gaya penulisan yang berbeda. Tujuan kami adalah memberikan pilihan kepada jurnalis untuk menggunakan teknologi baru ini dengan cara yang meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka.

- Jenn Crider, juru bicara Google

Kekhawatiran Penggunaan AI Dalam Jurnalisme

Teknologi ini memang akan sangat keren, namun sayangnya ada banyak kekhawatiran tentang penggunaan AI dalam Jurnalisme, dimana beberapa orang khawatir bahwa ‘Genesis’ ini dapat mengarah pada otomatisasi pekerjaan jurnalisme dan itu dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah.

Namun dilain pihak, Google berkomitmen untuk menggunakan Genesis secara bertanggung jawab, dimana Genesis ini akan digunakan untuk melengkapi dan bukan menggantikan jurnalis manusia. Selain itu Google juga mengungkapkan bahwa AI baru ini akan tunduk pada standar editorial yang sama seperti artikel lainnya.

Genesis AI saat ini memang masih dalam tahap pengujian, selain itu belum ada detail tambahan dan bahkan tanpa tanggal rilis resmi yang diumumkan.Selain itu karena keterbatasan informasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa genesis AI akan berdampak pada masa depan jurnalisme.

Jika iya, maka bagaimana pendapatmu? Komen dibawah guys.

Via : NY Times, Neowin

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli buku saya di Google Play Book

Post navigation