Sekitar sebulan lalu, beberapa forum seperti reddit, dan facebook banyak membahas mengenai sebuah rumor bahwa AI yang dimiliki Google menjadi hidup, tentunya banyak meme yang mengaitkan hal ini dengan film Terminator.

Nah mengenai hal tersebut, penyebar rumor pertama kali, yaitu Blake Lemoine yang mengklaim hal tersebut, kabarnya telah dipecat oleh Google akhir akhir ini setelah sebelumnya diberikan cuti untuk sementara.

Dalam sebuah pernyataan Google ke BBC, Google menekankan bahwa klaim Lemoine tersebut sepenuhnya tidak berdasar, namun dia tidak berhenti membuat klaim tersebut sehingga hal tersebut menjadi meluas kemana mana.

It’s regrettable that despite lengthy engagement on this topic, Blake still chose to persistently violate clear employment and data security policies that include the need to safeguard product information.” Kata Google.

Di akhir penyataan, Google mendoakan yang terbaik untuk Lemoine di masa depan, tetapi engineer itu secara pribadi memberi tahu BBC bahwa dia sedang mencari penasihat hukum.

Nah sedikit kita bahas kembali, Lemoine ini menjadi highlight sejumlah media besar di luar negeri sana setelah menerbitkan wawancara terperinci yang dia lakukan dengan LaMDA, dan mengklaim bahwa AI telah menjadi mahluk hidup, dia mencatat bahwa AI telah menjadi sangat konsisten dalam semua komunikasinya dalam enam bulan terakhir. Berdasarkan klaim Lemoine, AI bahkan menginginkan Google untuk mengakui hak-nya sebagai orang sungguhan dan meminta persetujuan lebih lanjut atas eksperiment yang akan dilakukan Google kedepannya terhadap si AI tersebut.

Namun tentu karena Google membantah hal tersebut kita tidak bisa mengetahui apa yang terjadi sebenarnya, karena bagaimanapun Lemoine masih tampak memegang ucapan dan klaimnya, sementara Google justru membantah hal tersebut.

Jika kamu tertarik kamu bisa membaca Interview antara Lemoine dengan LaMDA pada halaman Medium berikut.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : BBC, Neowin

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.