Hal Keren di File Explorer Windows 11 Insider Build 22622

Beberapa waktu lalu saya mencoba Windows 11 Insider Beta Build 22622 di laptop utama saya, dimana dengan itu maka selanjutnya mungkin saya akan menetap di channel insider ini sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

Nah mengenai Windows 11 Insider Beta Build 22622, seperti yang kita tahu bahwa di versi ini ada sejumlah fitur baru termasuk peningkatan yang sangat signifikan di File Explorer, nah karena cukup menarik, maka kenapa tidak kita bahas saja mengenai hal keren apa saja yang ada di File Explorer Windows 11 Insider build 22622?

Tab di File Explorer

Setelah cukup lama Microsoft tidak menghadirkan fitur ini, dan bahkan membatalkan fitur sets sejak era Windows 10, akhirnya di build ini kita bisa mencoba fitur Tab di File Explorer, dimana dengan itu kita bisa bernavigasi dengan lebih leluasa tanpa harus membuka dua atau lebih jendela File Explorer terpisah.

Fitur ini tentunya menjadi peningkatan paling signifikan di File Explorer setelah sekian lama File Explorer hadir di system operasi Microsoft Windows.

Nagivation Pane Baru

Selain adanya Tab di File Explorer, seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot diatas, bagian Navigation Pane pun telah mendapatkan peningkatan, diantaranya adalah OneDrive yang menampilkan personal account name dan This PC yang hanya menampilkan Partisi saja.

Nah ini tentunya menjadi peningkatan yang signifikan juga dan menurut saya harusnya dari dulu Microsoft mengimplementasikan hal ini di File Explorer.

Kenapa?, misalkan saja sebelumnya, di This PC, disana bukan hanya hadir partisi yang ada di perangkat kita saja, melainkan dengan sejumlah shortcut ke folder home user kita, dan terkadang, sejumlah folder tersebut duplikat dengan folder yang juga di pin di Quick Access.

Nah kini, kedua hal tersebut dipisah, dimana This PC hanya berfokus pada partisi, drive dan network drive saja, dan Quick Access akan menampilkan sejumlah shortcut ke folder home user kita.

Dua hal diatas baik Tab di File Explorer dan Navigation Pane baru di Windows 11 Insider Build 22622 ini tentunya merupakan peningkatan paling signifikan pada File Explorer dalam beberapa tahun terakhir, dan meskipun saat ini kedua fitur tersebut masih dalam pengembangan, namun berdasarkan kabar dari sejumlah pengguna dan pengalaman saya sendiri, kedua fitur ini sudah cukup stabil untuk kita gunakan.

Jadi dengan ini, untuk kamu yang ingin mendapatkan fitur baru yang signifikan, kamu wajib banget memperbarui Windows 11 kamu ke Build 22622 yang saat ini masih ada di Insider Beta Channel, untuk langkah instalasi Build 22622 sendiri kamu bisa mengikuti langkah berikut : Cara Install Windows 11 Insider Build 22622

Bagaimana menurutmu? apakah ada hal keren lainnya? komen dibawah guys.

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation