Sama seperti di Windows 10, di Windows 11 secara default terdapat sejumlah aplikasi yang dapat berjalan secara background yang mana sebagian besar adalah aplikasi pre-installed misalkan seperti Mail & Calendar, Xbox, dan lainnya.

Meskipun umumnya untuk perangkat baru yang sudah menghadirkan Windows 11 secara defualt out of the box, hal kehadirkan aplikasi yang berjalan di background ini bukanlah sebuah masalah, meski memang aplikasi yang berjalan tersebut akan sedikit memakan resource (RAM, disk atau network).

Untuk mengurangi resource yang digunakan oleh aplikasi yang berjalan di belakang layar, kita bisa melakukan bebapa langkah berikut untuk mematikan background apps di Windows 11, langkahnya sebenarnya mirip dengan di Windows 10, hanya saja Opsi Background Apps sudah tidak ada lagi di halaman Settings > Privacy di Windows 11, jadi kita harus mengatur opsi Background Apps secara manual dari masing masing aplikasi.

Oke langsung saja, berikut adalah Cara Mematikan Background Apps di Windows 11.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Settings > Apps > Installed Apps.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu pilih aplikasi mana yang akan kamu matikan fungsi runing in background nya, misalkan saya akan mematikan aplikasi mail & calendar.

Langkah 3. Seperti pada gambar diatas, klik titik tiga pada bagian aplikasi yang akan kamu matikan fitur running in background nya, kemudian pilih Advanced options > dan selanjutnya pada bagian Background app permissions silahkan kamu pilih Never.

Nah setelah itu, aplikasi Mail & Calendar tidak akan lagi berjalan di Background Windows 11.

Langkah diatas memang sangat mudah, hanya saja metode di Windows 10 menurut saya lebih cepat, karena pengaturan background apps ada dihalaman Settings > Privacy > Background Apps, dan di Windows 10 kita bisa mengatur opsi ini untuk semua aplikasi, tidak satu persatu seperti langkah di Windows 11 diatas.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.