Beberapa waktu lalu tepatnya sekitar 1 bulan lalu, saya mencoba menggunakan Windows 10 19H2, dikarenakan berdasarkan informasi terbaru, bahkan dari Microsoft sendiri, Windows 10 19H2 berisi perbaikan dan penyempurnaan dari Windows 10 1903. (Baca Juga : Ayo Kita Kenali Windows 10 19H2 Lebih Dekat! – Release Date?).

Namun kawan kawanku semuanya, setelah beberapa jam menggunakan Windows 10 19H2 sebagai primary OS, banyak hal yang tidak “mengenakan”, dimana ada banyak Bug yang muncul di Laptop Asus K401 saya, salah satunya adalah Icon Quick Actions tidak bisa diklik dan bahkan beberapa icon tidak muncul layaknya sebuah fitur.

Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Rollback Versi Windows 10!
Pas Error lupa Screenshot (Gambar ini hanya ilustrasi)

Selain Icon Quick Actions, tombol Hibernate dan Restart kadang enggak muncul juga. Dengan itu saya terpaksa harus merollback kembali ke Windows 10 19H1. (kamu juga bisa baca curhatan saya mengenai Windows 10 19H2 disini).

Kamu bisa baca bagaimana cara Rollback Windows 10 diartikel berikut :
Cara Rollback ke Versi Windows 10 Sebelumnya

Lalu setelah saya melakukan Rollback, apakah Windows 10 langsung Normal meski sudah berada di versi 1903? jawabannya “Enggak”. Masih ada beberapa bug yang nyangkut dan ikut terbawa dari Windows 19 19H2.

Lalu Cara Mengatasinya Gimana?

Simple aja sih, ada beberapa langkah umum yang perlu banget dilakukan setelah kamu melakukan Rollback versi Windows 10, dan berikut diantaranya.

1#. Cek Versi Windows 10

Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Rollback Versi Windows 10!
Cek di Setting > System > About

Takutnya kamu gagal melakukan Rollback, jadi pastikan apakah Windows 10 sudah berada pada versi yang kamu inginkan (yang mana itu adalah versi sebelum upgrade).

2#. Gunakan Fitur SFC dan Pindai System

Langkah ini adalah langkah *Wajib, karena dengan melakukan pemindaian dengan menggunakan Fitur SFC, nanti system akan mendeteksi dan melakukan perbaikan akan masalah yang biasa dialami baik setelah Downgrade atau Upgrade. Dalam kasus saya, dengan menggunakan fitur SFC, Windows 10 1903 setelah Rollback menjadi normal seperti biasa.

Langkahnya kamu bisa mengetikan perintah berikut pada Command Prompt as Admin.

  • DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
  • DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
  • DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
Microsoft Berikan Update Perbaikan Fitur SFC!
Langsung ketikan ini (DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth) juga bisa

Lalu setelah Scanning selesai, ketikan kembali perintah SFC /SCANNOW. Dan selesai deh.

3#. Langkah Lainnya

Nah selain langkah 1 dan 2, kamu juga harus cek, apakah ada aplikasi yang tidak bisa dibuka, error, dan lainnya, lalu pastikan juga semua file di Document, Download, Picture, Dan lain lain, masih berada pada tempatnya. Semua perlu dicek demi menghindari kemungkinan terburuk yang mana itu adalah kehilangan data.

Nah itu adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan setelah melakukan Rollback Windows 10, setidaknya berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika kamu ada tambahan, silahkan berikan komentarmu dikolom komentar dibawah. Saya akan senang melihatnya. ヾ( ̄▽ ̄)

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.