Home PC Hands-on : Seperti Inilah Perubahan User Interface di Windows 10 Anniversary Update...

Hands-on : Seperti Inilah Perubahan User Interface di Windows 10 Anniversary Update Build 14328

tampilan build 14328 (0)

Setelah sebelumnya saya melakukan Hands-on pada Start Menu, Settings, Cortana dan Action Center di Annversary update terbaru yakni Build 14328. Sekarang saya akan memberikan daftar perubahan tampian yang terjadi pada Build ini, keep reading guys!.

Tampilan baru The Clock

The Clock / Date and Time mengalami perubahan yang cukup mencolok pada Build ini. Dimana ketika mengaksesnya maka terlihat ukuran The Clock yang dibuat lebih memanjang.

tampilan build 14328 (1)

Ini dikarenakan The Clock sudah terintegrasi dengan Calendar, sehingga kita juga dapat melihat daftar event/agenda yang pada tanggal bersangkutan. Tetapi kamu juga bisa menyembunyikannya dengan cara klik opsi Hide agenda pada bagian bawah.

Badge pada Aplikasi UWP

Pada Build ini, aplikasi UWP (Universal Windows Platform) akan terdapat badge pada icon appsnya di taskbar. Misalnya pada apps Alarms & Clock yang akan menampilkan badge yang menandakan bahwa pengaturan alarm sedang aktif.

tampilan build 14328 (2)

Selain itu kita juga dapat mematikan badge tersebut melalui Settings – Personalization – Taskbar, swipe ke off pada opsi Show badges on taskbar buttons.

Icon Baru File Explorer

Microsoft memberikan icon baru pada File Explorer yang diberi sentuhan warna putih.

tampilan build 14328 (6)

Dan perlu kamu ketahui juga bahwa sekarang secara default kita tidak dapat menemukan icon File Explorer di taskbar.

Lock Screen

Sekarang jika kita mengintegrasikan Microsoft Account ke Windows 10. Maka email address kita tidak akan muncul pada layar sign-in.

tampilan build 14328 (1)

Selain itu ketika kita sedang memainkan media player seperti Groove Music. Maka kita dapat menggunakan kontrol dasar pada Groove Music langsung dari Lock Screen.

tampilan build 14328 (2)

User Account Control (UAC)

Tampilan UAC pada build ini juga mengalami perubahan. Tampilannya sekarang lebih Modern jika dibandingkan sebelumnya yang masih mengusung Win32.

tampilan build 14328 (3)

Icon baru Shutdown Windows

Jika kamu cukup jeli, maka ketika ingin mematikan komputer dengan cara ALT+F4 di desktop. Maka kamu akan melihat icon komputer baru pada Shutdown dialog.

tampilan build 14328 (4)

Sticky Notes

Salah satu aplikasi note sederhana yakni Sticky notes mengalami update tampilan pada Build ini.

tampilan build 14328 (5)

Nah itu dia perubahan tampilan yang saya ketahui di Windows 10 Anniversary Update Build 14328. Jika kamu sudah menggunakan build ini dan menemukan tampilan baru yang belum disebutkan diatas, jangan lupa untuk berkomentar. 😃

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.