Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu mengenai teknologi hologram yang terus dikembangkan oleh Microsoft. Teknologi ini benar-benar seperti yang terlihat di film yang menampilkan teknologi hologram yang mengagumkan. Bahkan saya sendiri sering bertanya kapan kira-kira teknologi tersebut bisa hadir di dunia nyata?

Microsoft sendiri telah mengungkapkan bahwa device tersebut akan dinamai dengan HoloLens. HoloLens merupakan hardware yang memadukan teknologi hologram dengan dunia nyata menggunakan lensa. HoloLens juga dibekali sensor untuk mendeteksi dunia nyata, gestur pengguna, dan suara holografis. Tentu hardware ini tanpa kabel dan bisa digunakan tanpa harus terhubung ke komputer.

Dalam video yang berdurasi dua menit ini kita bisa melihat seperti apa penggunaan HoloLens nantinya.

https://youtube.com/watch?v=K-4ejphhUzo

Nantinya pengguna bisa menggabungkan antara dunia nyata dan virtual serta berinteraksi dengannya. Developer juga bisa melakukan eksperimen, kostumisasi, dan apa saja yang diinginkan.

Selain HoloLens Microsoft juga mengumumkan HoloStudio, sebuah software development tools yang dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi hologram. Windows 10 sendiri sengaja dibuat agar mendukung teknologi ini. Di dalam Windows 10 sudah ditanamkan application programming interface (API) khusus untuk tujuan tersebut.

Itulah cara-cara baru yang nantinya akan membantu kita dalam memvisualisasikan pekerjaan, cara baru untuk berbagi dan berinteraksi dengan orang lain — dan itulah salah satu inovasi terbesar Microsoft saat ini.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.