Home News HoloLens: Teknologi Hologram Microsoft di Dunia Nyata

HoloLens: Teknologi Hologram Microsoft di Dunia Nyata

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu mengenai teknologi hologram yang terus dikembangkan oleh Microsoft. Teknologi ini benar-benar seperti yang terlihat di film yang menampilkan teknologi hologram yang mengagumkan. Bahkan saya sendiri sering bertanya kapan kira-kira teknologi tersebut bisa hadir di dunia nyata?

Microsoft sendiri telah mengungkapkan bahwa device tersebut akan dinamai dengan HoloLens. HoloLens merupakan hardware yang memadukan teknologi hologram dengan dunia nyata menggunakan lensa. HoloLens juga dibekali sensor untuk mendeteksi dunia nyata, gestur pengguna, dan suara holografis. Tentu hardware ini tanpa kabel dan bisa digunakan tanpa harus terhubung ke komputer.

Dalam video yang berdurasi dua menit ini kita bisa melihat seperti apa penggunaan HoloLens nantinya.

Nantinya pengguna bisa menggabungkan antara dunia nyata dan virtual serta berinteraksi dengannya. Developer juga bisa melakukan eksperimen, kostumisasi, dan apa saja yang diinginkan.

Selain HoloLens Microsoft juga mengumumkan HoloStudio, sebuah software development tools yang dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi hologram. Windows 10 sendiri sengaja dibuat agar mendukung teknologi ini. Di dalam Windows 10 sudah ditanamkan application programming interface (API) khusus untuk tujuan tersebut.

Itulah cara-cara baru yang nantinya akan membantu kita dalam memvisualisasikan pekerjaan, cara baru untuk berbagi dan berinteraksi dengan orang lain — dan itulah salah satu inovasi terbesar Microsoft saat ini.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Name — Fahmi L. Ramdhani. Programmer of C#, Visual Basic, SQL Server (.NET) & Hardware Xperience. I just want to share my experiences.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    wah berarti bisa lihat “calon” gebetan yg sangat cantik kayak.. profil Disqus ane..

    • Agil Faisal Rahman

      jiahhhh…. ngareppp…

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        harus…

    • Whyu Wa

      kencan sama ida cukup pke hologram aja :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        ntar pas lauching.. harga akik

    • Rasshid

      :v

  • Agil Faisal Rahman

    keren euy teknologinya… makin hilang aja dah batas antara nyata n maya…

  • Matsudara Adachi

    wah ternyata bener. soalnya ada grup yang mbahas tentang ini :o
    aku kra itu hoax :o

  • Agung SP

    Versi lebih canggihnya lagi nanti ga pake kacamata ya, pake projector.

  • Muhammad Zaidan

    Canggih…

  • Deras Doxa

    tanpa terhubung dengan komputer, dari mana didapatkan sumber visualnya? Apa hololens menscane benda kemudian ditampilkan lewat kacamatanya dan bisa memanipulasi object yg ditampilkan? bagaimana sih mekanisme kerjanya?