Home Tutorial 7 Cara Mempercepat Download Torrent

7 Cara Mempercepat Download Torrent

Cara Mempercepat Download Torrent

Salah satu alasan orang-orang mendownload file melalui torrent adalah untuk mendapatkan kecepatan download maksimal. Apalagi jika file yang didownload memiliki ukuran yang besar. Tapi kadang-kadang banyak orang yang mengeluh karena tidak mendapatkan kecepatan yang maksimal saat mendownload. Mereka lebih memilih mendownload menggunakan HTTP/FTP.

Pada dasarnya orang-orang harus tau kalau ingin mendownload torrent harus memilih health torrent yang bagus. Jika health torrent bagus maka ia bisa mendapatkan kecepatan download yang maksimal. Selain itu mereka juga harus membatasi kecepatan upload. Yang terakhir adalah melakukan tweaking software client torrent.

Berikut ini WinPoin akan berbagi beberapa tips cara mempercepat download torrent yang mungkin bisa membantu kamu.

 

Cek Kecepatan Download/Upload Internet Kamu

Periksa kecepatan maksimal download dan upload yang bisa kamu peroleh dari Internet Services Provider. Kebanyakan ISP tidak menampilkan bandwith spesifik untuk masalah upload dan download. Meskipun kamu melakukan berbagai tweak pada software client torrent, jika kecepatan ISP kamu lambat maka itu akan percuma. Cek kecepatan download dan upload internet kamu di speedtest.net.

Kenapa Internet 1Mbps Kecepatan Download Maksimal Hanya 125KB/s??

 

Perhatikan Seeder dan Leecher

Komputer yang ikut berpartisipasi dalam download dan upload file torrent disebut dengan peer. Sedangkan Seeder adalah orang yang sudah selesai mendownload copy-an file torrent dan dibagikan ke jaringan upload torrent. Untuk Leecher adalah orang yang belum selesai mendownload copy-an file torrent tapi ikut bergabung ke jaringan download torrent. Seorang leecher akan menjadi seeder jika selesai mendownload dan berbagi ke jaringan torrentnya.

Untuk bisa mencapai kecepatan download yang tinggi, kamu harus memilih angka seeder dan leecher yang banyak. Aturannya kamu harus memilih seeder yang banyak ketimbang leecher atau memiliki rasio yang lebih tinggi seedernya. Misalkan saja ada file torrent dengan seeder 1000/leacher 2000 dan seeder 100/leacher 80, maka sebaiknya kamu mengambil yang 100/80.

 

Tambahkan Lebih Banyak Trackers

Jika kamu tidak menemukan torrent yang bagus, kamu bisa menggunakan metode menambahkan tracker untuk menemukan lebih banyak seeder. Caranya copy code hash dari torrent yang kamu download, pada uTorrent klik tab Info dari file torrent yang kamu download. Setelah tahu code hash dari file torrent tersebut Googling saja code tersebut, dan download file torrent yang sama dari situs yang berbeda.

Cara Mempercepat Download Torrent

 

Ketika kamu mendownload torrent dari hasil googling tadi maka uTorrent akan menampilkan pesan kalau file tersebut telah ada di daftar kamu. Klik Yes saja jika kamu ingin melanjutkan.

Cara Mempercepat Download Torrent

Setelah kamu melakukan cara ini, kadang jumlah peer akan meningkat. Jika belum silahkan cari situs torrent lain dengan code hash yang sama.

 

Tentukan Kecepatan Download dan Upload

Semua bittorent client software memiliki pengaturan kecepatan download dan upload maksimal. Setelah kamu mengetahui kecepatan internet kamu dari cara di atas, kamu tinggal mengatur kecepatan download dan upload.

Kecepatan Upload = 80% dari kecepatan upload internet kamu. Jangan biarkan kecepatan upload kamu atur unlimited.

Kecepatan Download = 100% jika kamu hanya ingin mendownload torrent. Tapi jika kamu ingin download sambil browsing, kamu bisa mengaturnya ke 80 sampai 90%.

Sebagai contoh, jika kecepatan download 125KBps dan kecepatan upload 60KBps maka:

  • Upload = 60 * 0.80 = 48KBps
  • Download= 125 * 0.80 = 100KBps

Untuk mengaturnya di software torrent client seperti uTorrent, pergi ke Options>Preference>Bandwidth.

Cara Mempercepat Download Torrent

 

Batasi Maksimal Peer Torrent

Ini adalah salah satu tweak penting yang juga harus kamu lakukan. Perhitungannya adalah 1.4 * kecepatan upload maka:

  • 1.4 * 60 = 84

Jadi jumlah peer di komputer kamu akan dibatasi sehingga tidak akan membebani internet ketika kamu menjadi seeder.

Cara Mempercepat Download Torrent

 

Edit Pengaturan Advanced

Dalam Options/preference klik Advanced. Disini kamu bisa memodifikasi bagian bagian yang kamu tahu, jika kamu tidak tahu maka jangan mencoba-coba. Kamu bisa mengikuti pengaturan yang WinPoin arahkan seperti di bawah ini.

Ubah pengaturan bt.allow_same_ip menjadi true

Ubah pengaturan gui.show_notorrents_node menjadi false

Ubah pengaturan rss.update_interval menjadi 20

Ubah pengaturan net.max_halfopen menjadi 50 sampai 100

Setelah itu klik Apply dan OK.

Cara Mempercepat Download Torrent

 

Ganti Port yang Kamu Gunakan

Port default yang digunakan BitTorrent protocol adalah 6881-6999. Layanan Internet Provider yang kamu gunakan mungkin membutuhkan bandwith yang besar jika ikut berbagi ke port BitTorrent. Beberapa port di atas 10000 untuk melonggarkan bandwith tersebut untuk menghindari berbagi port dengan aplikasi lain. Secara default, uTorrent memiliki port dengan angka random secara otomatis. Jangan aktifkan pengaturan Randomize port each start.

Cara Mempercepat Download Torrent

 

Mempercepat download torrent membutuhkan trial, error dan sedikit kesabaran. Ada beberapa tips di atas yang mungkin tidak bisa kamu gunakan dan ada juga yang bisa. Buat kamu yang memiliki tips mempercepat download torrent, kamu bisa meninggalkannya di kolom komentar.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    dan ini gak bisa dilakukan… kalo make SSH (kecuali server Kanada)

    • Agung Suhendro

      SSH kan biasanya Cepet kalo torrent …..

  • Gilang Soewito

    Admind Tolong Post Cara Buat Mempercepat Download Torrent di WP dong aplikasi Torrex atau WPtorrent .. ane masih bingung nh kalo di WP ga bisa gerak Downloadtan ane .. Plus Settingan Nya ya

  • Persahabatan Sejati

    Cara Praktis and Simpel ane, Patungan akun https://zbigz.com/, nunggu beres caching, download deh….

  • Muhammad Zaidan

    Gak ngerti torrent gw. :’v

  • Jhon Kozak

    ini harus tambah data gk gan?

  • Adnan Abdul Rasyid

    kagak ngerti sama mainan torrent -____-

  • punya q cuma 600kBbps, kalo pake idm 2Mbps

  • Daniel Averinaldo Sitorus

    wifi id aja bro :D 50mbps dengan seeder dan leecher yang ribuan :D