Home News HOT: Kini Data Kamu Bisa Dicuri Melalui Suara Berisiknya Hardisk

HOT: Kini Data Kamu Bisa Dicuri Melalui Suara Berisiknya Hardisk

HOT: Kini Data Kamu Bisa Dicuri Melalui Suara Berisiknya Hardisk

Peneliti dari Ben-Gurion University baru saja menemukan cara unik dalam mencuri data, yaitu melalui suara berisiknya hardisk.

Bagi kamu pengguna PC / laptop yang menggunakan hardisk, sudah lumrah jika sesekali hardisk berisik saat digunakan. Namun ternyata suara HDD ini bisa menjadi medium untuk mencuri data yang ada di PC tersebut.

Dengan menggunakan malware khusus yang mereka namakan DiskFiltration, data di PC bisa terkirim melalui suara berisiknya hardisk. Bunyi hardisk tersebut lalu direkam dan di-decode untuk menjadi sebuah data yang utuh lagi.

Tetapi beruntung hal ini hanya bisa dilakukan di air-gapped PC, alias PC yang tidak terhubung ke internet, wireless network, bahkan juga speaker. At least sampai saat ini.

Jadi buat kamu yang PC nya masih terhubung dengan internet, wireless, network, atau speaker bakal aman dari pencurian data melalui suara berisik hardisk ini.

Selain itu pencurian data ini juga tidak bisa dilakukan di ruang yang berisik karena bakal mengganggu proses perekaman suara hardisk. Jadi secara practical memang agak sulit untuk dilakukan.

Namun meskipun sulit bukan berarti tidak bisa ya. Satu-satunya cara untuk terhindar dari hal ini adalah dengan menggunakan SSD yang memang tidak mengeluarkan suara mekanis berisik saat digunakan.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.