Seperti yang sudah kamu tahu, Microsoft akan mengakhiri dukungan pada Windows 7 pada 14 Januari 2020. Tapi sebelum melihat kedepan, mari kita melirik ke belakang sedikit, tepatnya pada bulan September 2018. Pada bulan itu Microsoft mengumumkan bahwa para pebisnis bisa memperpanjang masa keamanan dengan membayar Extended Security Updates (ESUs) hingga mereka siap untuk upgrade ke Windows 10, setidaknya untuk tiga tahun kedepan.

Lantas berapa yang harus dibayar untuk mempepanjang dukungan tersebut? Untuk pengguna Windows 7 Pro, akan dibebani biaya $50 per perangkat pada tahun pertama. Naik dua kali lipat jadi $100 pada tahun kedua dan naik lagi menjadi $200 pada tahun ketiga. Sedangkat untuk pengguna Enterprise, harga yang ditawarkan adalah setengahnya.

Ibarat orang yang sakit sedang berobat, biaya yang dikeluarkan untuk memperpanjang masa hidup Windows 7 tidaklah sedikit. Itupun hanya dibatasi selama tiga tahun saja. Windows 7 telah menjadi benchmark sebagai sistem operasi Microsoft yang paling stabil dan mau tidak mau era tersebut akan berakhir.

Andai saja Microsoft memiliki penerus yang secantik dan sestabil Windows 7, pasti tidak banyak yang keberatan atas berakhirnya dukungan Windows ini. Tapi apa daya, adanya malah Windows 10 yang memiliki julukan “Beta Forever” dengan petaka di setiap update mayornya.

via Neowin

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.