Image by Google

Sebagai pengguna mainstream Google Drive, kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB. Ruang penyimpanan ini akan digunakan oleh beberapa layanan Google seperti Google Drive, Gmail, dan Google Photos.

Jika kamu menggunakan ponsel Android, adanya Google Drive bisa menjadi opsi ketika ingin backup foto atau video dengan cara mengaktifkan fitur sinkronisasi Tetapi disisi lain, hal ini juga dapat berubah menjadi masalah karena ruang penyimpanan yang habis digunakan oleh fitur sinkronisasi.

Tahun lalu, Google mengatakan akan mengakhiri penyimpanan unlimited untuk Google Photos pada 1 Juni, 2021 untuk semua pengguna. Jadi sebelum tanggal tersebut, upload foto atau video ke Google Photos tidak akan dihitung ke Google Drive.

Dengan perubahan ini, otomatis ruang penyimpanan di Google Drive akan membengkak. Lalu apa dampak yang terjadi ketika ruang penyimpanan kamu penuh?

  • Google Drive: Tidak dapat upload file tentunya, dan file yang baru tidak akan bisa di sinkron.
  • Google Mail: Kamu tidak bisa mengirim atau menerima email.
  • Google Photos: Foto atau video tidak dapat di upload, dan file yang ada tidak bisa di sinkron.

Jadi jika hal ini terjadi, setidaknya terdapat dua opsi yang kamu gunakan untuk menyelesaikan masalah ini:

  1. Tingkatkan ruang penyimpanan dengan berlangganan — hal ini juga alasan yang mendorong Google menghilangkan gratis unlimited storage. Kamu bisa berlangganan mulai Rp 26,900 / bulan untuk 100 GB ruang penyimpanan, hingga Rp 135,000 / bulan untuk 2 TB ruang penyimpanan.
  2. Hapus foto, video, atau file yang ada. Tetapi sebelumnya, kamu bisa menggunakan bantuan Google Takeout untuk backup file yang diinginkan, jika ingin.

That’s it!

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.