Home Editorial Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Siapa diantara kamu yang sudah menggunakan Windows 10?? Sebelumnya Microsoft telah banyak mengecewakan publik dengan dirilisnya Windows 8, tapi mereka memiliki semua jawaban kekecewaan itu di Windows 10. Microsoft kembali membawa Start menu, virtual assistant Cortana, Continuum untuk tablet dan juga Task View. Bisa dibilang Windows 10 adalah successor dari Windows 8 dan ini adalah awal yang baru bagi Microsoft.

Sebelumnya WinPoin sudah banyak menjabarkan fitur Windows 10 dalam artikel ini, tapi sebenarnya sistem operasi baru ini masih punya lebih banyak fitur bagus lainnya yang akan membuat kamu kagum. Berikut ini WinPoin akan sampaikan 10 fitur tersembunyi Windows 10 yang mungkin belum kamu ketahui.

 

#1 – Background Scroll

Background scrolling adalah fitur dimana Microsoft akan menerapkannya di Windows 8, tapi sayang itu tidak mereka lakukan. Pada versi Windows sebelum-sebelumnya, kamu hanya bisa melakukan scroll saat Window aktif saja. Sekarang kamu bisa scroll Window bahkan jika Window itu tidak aktif.

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Pada Windows 10 ada pengaturan dimana kamu bisa melakukan scroll pada Window yang tidak aktif. Pergi ke Settings, pilih Devices dan klik Mouse & touchpad. Disini kamu akan melihat pengaturan “Scroll inactive windows when I hover over them.”

 

#2 – Permonitor Dapat Diubah Ukurannya

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Sekarang kita bisa menikmati monitor dengan resolusi tinggi 1440p, sedangkan monitor 4K saat ini harganya sudah terjangkau. Pada keadaan tertentu, khususnya monitor 4K, kamu harus mengatur display scalling sehingga teks masih bisa dibaca dengan nyaman pada jarak pandang tertentu. Di versi Windows sebelumnya, kamu bisa mengaktifkan satu scaling level untuk semua monitor, yang tentu akan mengganggu jika kamu memiliki banyak monitor dengan resolusi berbeda.

Beruntung Microsoft menyadari kelemahan ini di Windows 10 dengan memperbarui pengaturan scalling. Pada Windows 10, pengaturan display scalling bisa kamu ubah pada setiap monitor. Jadi jika kamu menggunakan dua monitor, 4K dan 1080p, ini akan mempermudah kamu dalam mengatur tampilan dua monitor.

Kemampuan untuk mengatur display scalling terpisah untuk setiap monitor juga berguna jika kamu menghubungkan layar laptop ke device external. Windows 10 bisa mempertahankan untuk tampilan laptop dan juga untuk tampilan device external.

 

3# – Storage Sense

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Storage Sense adalah salah satu fitur yang paling terlihat di Windows 10, berasalan dari platform mobile Microsoft. Fitur ini bisa menganalisa file di hardisk kamu, menampilkan berapa banyak space yang telah kamu gunakan dan sisa dari space hardisk kamu. Diolah lagi dengan dibagi menjadi beberapa kategori. Selain itu Storage sense juga bisa membaca drive external yang terpasang melalui USB.

Melihat Storage Sense dalam beberapa saat adalah cara yang bagus untuk mengelolah file pada drive kamu. Cara ini akan mempermudah kamu untuk membersihkan file yang tidak dibutuhkan, memberitahukan berapa banyak space hardisk ditempati oleh masing-masing aplikasi, game, music, videos, pictures dan documents yang diinstall ke dalam sistem.

 

#4 – Command Prompt dengan Perombakan Besarnya

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Command Prompt memang fitur Windows yang jarang digunakan oleh semua orang, tapi Microsoft saat ini melakukan perombakan besar. Windows 10 membawa perubahan besar, membawa perbaikan yang mempermudah user untuk memasukan dan mengedit command.

Jika kamu melakukan disable pada legacy console di Command Prompt, maka kamu bisa mengakses fitur baru seperti dukungan copy paste pada clipboard, line wrapping untuk mempermudah membaca command, mempermudah ukuran window, dan bahkan kemampuan untuk membuat window Command Prompt terlihat transparan.

 

#5 – Ada Tracpad Gesture yang Baru

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Menurut Sejarah, Mac OS X memiliki dukungan trackpad yang lebih baik dari Windows, tapi dengan adanya Windows 10 ada upaya dari Microsoft meningkatkan kemampuan ini bagi pengguna laptop. Jadi dukungan trackpad saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya, termasuk adanya beberapa gesture dan fungsi baru.

Windows 10 mendukung trackpad gesture yang sebelumnya mungkin sudah kamu gunakan, seperti; pinch-to-zoom, two-finger scrolling, dan two-finger tap to right click. Tapi beberapa gesture baru terbaik dirancang untuk power user dan multi-tasking. Three-finger swiping ke atas bisa membuka Task View, sehingga dapat mempermudah kamu beralih ke desktop baru. Three-finger swiping ke kiri atau kanan membuka Alt+Tab, sementara Three-finger swiping ke bawah akan membuka desktop. Microsoft juga menambahkan trakcpad shortcut seperti; three-finger tapping untuk membuka Cortana, dan four-finger tapping untuk membuka Action Center.

 

#6 – Mengolah Web Page di Microsoft Edge

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Browser terbaru Microsoft, Edge, membawa perubahan yang besar untuk tidak sekedar upgrade dari Internet Explorer. Ada salah satu fitur keren yang membuat Edge berbeda dengan browser lainnya, kemampuan untuk mengolah web page dari dalam browser itu sendiri, kamu bisa membuat catatan berdasarkan web page dan ini adalah langkah bagus untuk pengguna device touchscreen.

Untuk mengolah web page, klik tombol Web Note di toolbar Edge. Dengan begini browser akan mengambil screenshot dari web page dan memungkinkan kamu untuk mencorat-coret, crop atau add text note ke gambar tersebut. Dengan integrasi OneDrive, menayimpan dan menyusun catatan akan menjadi lebih mudah.

 

#7 – Dukungan FLAC, MKV dan HEVC

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Windows Media Player adalah salah satu media player populer dan efisien, lebih hemat baterai, dan memiliki lebih banyak suara sebagai alternatif aplikasi VLC. Karena adanya Windows 10, bagus Microsoft menambahkan dukungan format yang lebih banyak.

Penambahan format paling besar adalah dukungan Matroska (MKV), yang digunakan sebagian besar video H.264 dan dapat digunakan untuk multiple audio, video dan subtitle stream. Windows 10 juga mendukung audio FLAC untuk audio lossles, serta video compression HEVC/H.265. Dukungan HEVC juga telah ditambahkan untuk mengadopsi video 4K.

 

#8 – Funsi Baru Snapping Window

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Salah satu fitur paling berpengaruh di Windows 7 adalah kemampuan untuk snapping window, mempermudah kamu untuk mengatur window yang terbuka. Windows 10 memiliki fungsi baru dalam hal snapping, semakin mempermudah pengguna berlayar besar.

Seiring dengan kemampuan untuk snap setengah layar, Windows 10 dapat snap window ke salah satu sudut layar, sehingga dapat dengan mudah mengatur empat sudut dengan empat window. Jika kamu memiliki monitor 4K, fitur ini jelas sangat berguna. Selain itu bagi pengguna multi monitor, kamu bisa melakukan snap ke sudut monitor mana pun.

 

#9 – Rekam Video Dimanapun

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Fitur Game DVR adalah salah satu fitur Xbox di Windows 10, berguna untuk merekam saat bermain game. Bagaimana pun, kamu bisa memanfaatkan fitur ini tidak hanya untuk bermain game saja, tapi kamu bisa merekam video untuk semua aplikasi.

Untuk melakukan ini kamu perlu membuka aplikasi Xbox dan membiarkannya tetap terbuka, kemudian pindah ke aplikasi yang ingin kamu rekam. Dari sini tekan Win+G untuk membuka Game Bar, kemudian klik “Yes, this is a game.” Setelah game bar terbuka, kamu bisa merekam video dengan mudah dengan mengklik Start Recording.

Cukup bodoh memang Windows 10 tidak bisa mengenali perbedaan antara game dan aplikasi, tapi ada beberapa saat dimana aplikasi bisa mengenalinya dan kamu tidak bisa merekamnya.

 

#10 – DirectX 12

Mungkin fitur tersembunyi paling utama di dalam Windows 10 adalah DirectX 12. Mungkin kamu tidak akan melihat manfaat dari DirectX 12 dalam waktu dekat, tapi dalam beberapa bulan ke depan atau tahun depan, ini akan meningkatkan kinerja gaming.

Inilah 10 Fitur Tersembunyi Windows 10

Developer bisa mendapatkan lebih banyak informasi hardware dari sistem kamu, baik pada CPU dan GPU, dukungan untuk multiple GPU, lebih banyak kontrol hardware, memory pooling, dan sebagainya. Dikombinasikan dengan grafik efek baru di DirectX 12, developer dan membuat generasi terbaru game dengan memanfaatkan DX12.

DirectX 12 API hanya didukung untuk Windows 10, yang membuat platform OS terbaik untuk bermain game. Windows Display Driver Model (WDDM) versi 2.0 juga membawa driver yang meningkatkan kinerja rendering 3D di Windows 10.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • anan234

    kalo di windows ada DirectX, kalo di mac apa yha?

    • trial404

      Metal

    • Nurcahya

      setau saya Mac pake OpenGL
      Cmiiw

      • anan234

        OpenGL buat Linux om setahu saya

        • Rokhman H. Amirullah

          setau saya mac juga pake itu gan

    • 3widyan

      METAL BRO METAL m/ :D

  • Reowijaya

    Bukannya buat ngebuka game DVR itu pake win+G ya om??? Atau kalo pake Xbox controller tinggal tekan tombol X yang ditengah, buat ngerekam/berhenti pake win+R

  • Tracpad Gesture yang Baru <<< yang ini bikin gue bingung min, awalnya kan kalo asus gue ketika dua jari ditarik ke bawah maka halaman akan ikut kebawah, sekarang kebalikannya, tapi sekarang gue udah terbiasa sih.

    • Ed

      Biasanya di setting TouchPad asus ada tu gan buat invert direction nya

    • Achmad Aji Pangestu

      Itu bisa diatur di asus smart gestur

  • Limit Breaker

    gesture yg buat action center gk berhasil nih

  • Egidius Manek

    Touchpad selalu nonaktif saat restart, restart sekali lagi baru berfungsi. Ada yang bisa mbantu ?

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Dan hampir semua Trackpad yang ada blom ada buat win 10

    • Bima Jalu Partosoesastro

      ASUS Smart Gesture udah mz :v

      • Hanya Matahari

        “hampir”

        • Nurshabah Arif Rahman

          Sudah semua sob bukan hampir lagi.. asus a46cb ane hardware support sampe 5 jari, dan fitur windows itu semua udah ada pas update asus smart gesturenya

  • Biasa aja :v

  • andika priatama

    gimana aktifin gesturnya? kok gak bisa -_-

    • ArFunk

      tergantung hardwarenya juga gak gak support juga gak bisa. sama kaya di mac bisa aktifin gesture karna trackpadnya emang support

      • andika priatama

        aku pake asus jadi pake asus gesture aja gan jadinya -_-

  • masih nunggu perkembangan directx 12, kira-kira inovasi nya seperti apa :D

  • paling seneng utak atik Command prompt sejak lulus TK, terlebih di Windows 10 berasa pake MacOS.

  • BUDI

    Movie & TV langsung tak uninstall setelah tau caranya dari portal ini.

    Udah biasa dengan VLC meski tampilannya agak bosenin juga apalagi ketika built cache font subtitle.

  • Adil Pangestu

    ada DirectX 12 tapi gak ada vganya T_T

  • Rabbil AR

    laptop ane kok kagak support buat record game dri xbox itu ya ?
    cma bsa ss doang :(

    • 3widyan

      resolusinya harus windowed atau sama dengan resolusi max layar. dan gak semua game bisa

    • selain itu hanya beberapa graphic driver aja yg di dukung

      • Rabbil AR

        owhh gitu rupa nya

  • Sam Evans

    Kok d ane movies & tv yg keluar cuman suaranya saja tapi gambar gx ada padahal win 10 udah support file tipe MKV

  • arief rofi

    gan mau minta solusi..
    laptop saya ketika diinstal win8.1/win10 kok waktu pilihan bhasa tidak ada cursornya ya..
    bootable dicoba dilptop tmen, ada cursornya. mlah succes..

  • Rokhman H. Amirullah

    beberapa fitur baru yang kayaknya wow sebenernya sudah lama ada di linux… dan ada 1 lagi fitur windows 10 yang mungkin penulis lupa… multi desktop, yang sudah lama juga ada di linux