Kembali ke beberapa tahun lalu, pernah dikabarkan bahwa Microsoft tengah mengembangkan sebuah OS ringan bernama Windows Core OS atau disebut juga dengan Polaris OS. OS ini kabarnya menjadi versi langsing dari Windows 10 dengan mengusung CShell yang merupakan universal shell.

Sayangnya, pada tahun 2018 lalu, Microsoft membatalkan project dari Polaris OS ini bersamaan dengan Project Andromeda, dan kini Polaris OS telah digantikan dan dibangun ulang menjadi sebuah OS yang kita kenal sebagai Windows 10 X.

Meskipun Windows 10 X saat ini sudah hadir dalam emulasi dan kabarnya akan siap dihadirkan di Q2 tahun ini, sebuah kabar menarik hadir dari Polaris OS yang telah dibatalkan ini, dimana dilansir dari WinAero, sebuah bocoran menunjukan bagaimana OS ini hadir, mulai dari gambar Boot splash, Registry Editor, hingga bagaimana Shell dari OS ini ditampilkan.

Dan berikut adalah gambar bocoran dari Windows Core OS, diambil dari halaman Beta Archive via WinAero.

Gambar pertama diatas, menunjukkan nama dari Boot Entry, dimana disana tampil sebagai Windows OneCore 10.

Selanjutnya, gambar diatas menunjukkan proses dari chkdsk yang tengah berjalan.

Tampilan diatas, adalah Fallback UI, dimana akan ditampilkan jika tidak ada shell atau composer yang terinstall di perangkat pengguna.

Meskipun bocoran ini tidak sepenuhnya lengkap, namun gambar lainnya, menunjukkan key registry yang jelas menunjukkan edisi windows sebagai “Polaris”, bersamaan dengan versi 1709 dengan build 16299.

Selain itu yang paling menarik dari bocoran ini adalah bagaimana tampilan Windows Core OS ini, dan berikut adalah gambar bocorannya.

Jika diperhatikan, tampilannya mirip sekali dengan Windows 10 dengan tampilan taskbar yang ditampilkan sebagai Tablet Mode, selain itu pada bagian Desktop disana tampil tiga icon berbeda, Store, Weather, dan Solitaire. Selain itu berikut adalah wallpaper yang rumornya akan hadir secara default Windows Core OS.

Cukup menarik, hanya saja polaris OS ini batal diluncurkan namun pembatalan tersebut membawa sebuah kabar baik lainnya, dimana Microsoft mulai mengembangkan kembali sebuah OS bernama Windows 10X.

Nah bagaimana menurutmu mengenai bocoran ini, apakah dulu kamu mengharapkan bahwa OS ini akan jadi dan dapat dirilis oleh Microsoft? komen dibawah guys.

Via : Beta Archive, WinAero

  Apple Watch Versi Xiaomi! Murah Banget Bos! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.