Home News Inilah Bocoran Spesifikasi Prosesor ARM Qualcomm yang Bisa Menjalankan Windows 10

Inilah Bocoran Spesifikasi Prosesor ARM Qualcomm yang Bisa Menjalankan Windows 10

Sebulan yang lalu, Microsoft mendemokan Windows 10 yang bisa berjalan di prosesor ARM. Bahkan pada demo tersebut mereka memperlihatkan bagaimana Windows 10 menjalankan aplikasi berat seperti Photoshop di prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Namun, Qualcomm dan Microsoft sendiri menyatakan bahwa Windows 10 akan berjalan dengan baik di prosesor Qualcomm generasi berikutnya [Baca disini]. Nah, kira-kira seperti apakah spesifikasinya?

Berdasarkan pernyataan Qualcomm dan Microsoft dapat diasumsikan Windows 10 berjalan di prosesor flagship terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 835. Prosesor ini belum dirilis ke publik, namun spesifikasi tersbut telah bocor. Siapa lagi kalau bukan om Evan Blass alias @evleaks yang kerap membocorkan serba-serbi Windows ini.

Snapdragon 835 ditenagai dengan teknologi Qualcomm Kryo 280 CPU (quad-core), Qualcomm Adreno 540 GPU, dan Qualcomm Hexagon DSP untuk managemen berbagai pekerjaan berat. Kombinasi dari tiga teknologi Qualcomm tersebut menghasilkan performa yang meningkat hingga 27%, lebih hemat daya hingga 40%, dan grafis 3D yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilihat dari spesifikasi tangguh tersebut, mungkin itulah alasan utama kenapa Microsoft memilih prosesor ARM Qualcomm generasi berikutnya untuk menjalankan Windows 10. Pada demo kemarin, mungkin sekilas terlihat mulus di Snapdragon 820, tapi kita tidak tahu apa-apa selain yang ditunjukkan pada demo bukan? Bisa jadi ada bug mematikan yang tidak diperlihatkan.

Snapdragon 835 kemungkinan akan dikenalkan pada ajang CES 2017 nanti. Dengan demikian semoga saja produsen prosesor ARM lain seperti Mediatek atau Samsung juga segera mengupdate prosesor flagship mereka sehingga banyak yang bersaing memperebutkan pasar Windows 10 yak! :)

 

via MSPU

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.