Home News Inilah “Bus Terowongan Raksasa” Buatan Tiongkok untuk Mengatasi Macet

Inilah “Bus Terowongan Raksasa” Buatan Tiongkok untuk Mengatasi Macet

Inilah "Bus Terowongan Raksasa" Buatan Tiongkok untuk Mengatasi Macet

Transit Elevated Bus (TEB), itulah nama dari “Bus Terowongan Raksasa” yang tengah dikembangkan oleh Tiongkok untuk mengatasi kemacetan parah di negara mereka.

Diperkenalkan secara konsep pada bulan Mei lalu, Tiongkok akhirnya melakukan test track sepanjang 300 meter terhadap prototipe pertama TEB-1 di Qinhuangdao City.

Test track dilakukan terhadap 1 gerbong utama berkapasitas 300 penumpang. Nantinya 1 bus TEB akan terhubung terhadap 3 gerbong lainnya, membuat kapasitas penumpang total menjadi 1200 orang.

TEB memiliki tinggi 4.8 meter dengan lebar 7.8 meter, serta panjang total 22 meter. Dengan ukurannya itu TEB mambu berjalan hingga kecepatan 64 KM per jam.

Meskipun baru menjajaki test track 300 meter pertamanya, negara dengan penduduk padat seperti Brazil dan India sudah menyatakan tertarik dengan solusi kemacetan ini. Bahkan Perancis yang notabene bukan negara macet saja ikut tertarik.

Inilah "Bus Terowongan Raksasa" Buatan Tiongkok untuk Mengatasi Macet

Apakah TEB alias “Bus Terowongan Raksasa” ini cocok diadopsi di Indonesia untuk mengatasi kemacetan khususnya di Jakarta?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.