Akhir bulan Oktober 2020 lalu dikabarkan bahwa Microsoft merilis update KB4577586 untuk pengguna Windows 10, baik versi lama sampai dengan versi paling terbaru.

Update tersebut pada dasarnya adalah update yang cukup kecil dengan hanya berukuran kurang dari 200 KB saja, dan dengan update KB4577586 ini pengguna akan secara langsung mendapati flash player terhapus dari system mereka.

Namun tahukah kamu, baru baru ini dilaporkan bahwa ternyata update yang cukup kecil ini membawa sedikit efek samping yang cukup besar, dimana setelah melakukan update dan flash player terhapus dari dalam system, fungsi disk cleaner atau storage sense di Windows 10 menjadi kurang maksimal dengan masih menyisakan file sampah yang tersisa.

Tepat seperti pada gambar diatas, sebelumnya saya sudah melakukan instalasi update KB4577586 dan selanjutnya sebagai pengujian saya mencoba menggunakan disk cleaner untuk menghapus beberapa hal termasuk Windows Update Cleanup yang berukuran sekitar 4 GB, dan setelah proses cleanup selesai, bukannya ukuran menjadi 0 bytes seperti biasa, malah masih ada tersisa 110 MB untuk opsi Windows Update Cleanup.

Langkah Perbaikan – Belum Tersedia

Sampai saat ini, menghapus update KB4577586 tampaknya akan benar benar memperbaiki masalah ini. Tetapi, sayangnya bahkan ketika kamu masuk ke Control Panel > Program & Features > Installed Updates, disana Update KB4577586 tidak dapat di uninstall seperti update lainnya.

Bahkan saya mencoba melakukan penghapusan menggunakan perintah

wusa /uninstall /kb:KB4577586 /quiet

Namun ternyata dengan perintah tersebut, update masih belum dapat diuninstall, selanjutnya saya juga mencoba menggunakan perintah DISM berikut.

dism /Online /Remove-Package /PackageName:Package_for_KB4577586~31bf3856ad364e35~amd64~~10.0.1.2 

Dan hasil menunjukan hal yang sama.

Sampai saat ini memang belum ada informasi resmi dari Microsoft mengenai efek samping update KB4577586 ini, dan sampai saat ini juga belum ada langkah efektif untuk menghapus update tersebut.

Dan untuk kamu yang sebelumnya sudah menghapus flash player menggunakan update KB4577586, tidak ada yang perlu kamu lakukan dan kamu khawatirkan, karena mungkin cepat atau lambat perbaikan akan dirilis Microsoft, mengingat update ini juga akan dikirim untuk seluruh pengguna setelah dukungan flash player resmi berakhir pada 31 Desember 2020 mendatang.

Nah bagaimana menurutmu?, apakah kamu juga mengalami hal yang sama?, apakah ada langkah alternatif yang dapat dilakukan untuk menghapus update ini? silahkan berikan komentarmu guys.

Via : Desk Modder

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.