Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa Microsoft tengah membuat dan mengembangkan sebuah layout baru untuk Tab di Microsoft Edge, kini dikabarkan bahwa beberapa pengguna terpilih sudah menerima dan dapat melihat fitur tersebut di browser mereka.

Saya sendiri kini menggunakan Edge Chromium Dev Channel dengan versi 87.0.637.0, dan beruntungnya ternyata saya juga mendapatkan fitur vertical tab tanpa harus ada perubahan apapun yang saya lakukan di browser ini.

Dan dengan itu, pada kali ini saya akan mencoba membahas seperti apa sih fitur ini, bagaimana tampilannya dan bagaimana cara menggunakannya, sejujurnya selama penggunaan yang saya coba, vertical tab menambah pengalaman baru ketika menggunakan Microsoft Edge.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Vertical Tab

Fitur ini meski sudah hadir pada browser yang saya gunakan, secara default tampilan tab masihlah Horizontal Tab seperti biasa, namun berbeda dengan Edge Stable yang juga saya gunakan, pada bagian kiri atas layar, ada sebuah tombol untuk mengaktifkan vertical tab.

Ketika tombol tersebut di klik, maka secara otomatis itu akan mengaktifkan atau menonaktifkan vertical tab.

Tampilan dan Fungsi

Secara tampilan dan layout yang diberikan, kita bisa melihat label dan icon dari tab yang sedang terbuka, sehingga dengan itu pula melihat dan mengakses tab jadi lebih mudah, dan tentu ini cukup membantu saya yang kadang membuka banyak tab.

Untuk menutup tab, kita juga bisa dengan mudah klik pada tanda ‘x’, dan menurut saya nih, dengan vertical tab sangat jarang sekali saya salah klik untuk menutup tab tertentu.

Horizontal Tab vs Vertical Tab

Selain itu dengan dibagian atas browser, kita bisa melihat judul, website dan informasi dari halaman yang dibuka lebih jelas, karena memang kini dengan vertical tab area bagian tersebut menjadi lebih luas dan tidak terpatok pada ukuran tab yang sedang dibuka saja.

Untuk akses CTRL + T, untuk membuka halaman tab baru pun masih dapat diakses, jadi meskipun tampilan berubah, fungsi yang diberikan masih bisa dibilang sama.

Apakah Vertical Tab Sudah Stabil Untuk Digunakan?

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Edge Chromium Dev untuk keperluan sehari hari selama beberapa hari kebelakang ini, saya belum pernah menemukan masalah, baik itu terkait layout tab, ataupun fitur lainnya.

Saya Belum Dapat Fiturnya, Bahkan di Edge Chromium Canary

Ya, sekali lagi fitur vertical tab ini masih belum tersedia secara umum dan masih dalam tahap pengujian (A/B Testing), atau dengan kata lain hanya pengguna terpilih saja yang sudah dapat mencoba fitur ini, sebelumnya pernah juga dikabarkan bahwa mengaktifkan dua flags experimental (Enable Fullscreen dropdown dan Enable Swipe to ShyUI) dapat mengaktifkan dan memunculkan fitur vertical tab, namun dalam pengujian yang saya lakukan di Edge Chromium Canary 87.0.646.1, meski dua flags experimental tersebut diaktifkan, tidak memunculkan atau mengatifkan vertical tabs.

Penutup

Fitur ini memang untuk sekarang masih dalam tahap pengujian, dan bahkan tidak semua pengguna sudah dapat mencoba fitur ini, namun berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, vertical tab benar benar dapat membantu dan menambah pengalaman bernavigasi dan menggunakan Edge Chromium, apalagi jika kamu sering membuka banyak tab dalam satu waktu.

Nah apakah kamu sudah mencoba fitur ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah guys. Terima kasih.

  700 Ribuan! HP Murah 4G untuk Sekolah Online 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.