Home News Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

Sedikit flashback ke awal Desember kemarin, muncul berita mengejutkan dari Microsoft dan Qualcomm yang berkolaborasi dalam mengembangkan Windows 10 untuk hardware mobile berbasis ARM. (Baca: Sebuah Revolusi: Full Windows 10 di Hardware Smartphone)

Ternyata tidak berhenti disitu, Microsoft juga mengkonfirmasi tengah mengembangkan Windows Server untuk ARM. (Baca: Mengenal Edisi Windows Server untuk ARM)

Kini pabrikan startup dari London yang dibangun oleh mantan karyawan Microsoft membuka campaign di Indiegogo untuk produksi KS-PRO — sebuah Ultra Mobile PC (UMPC) berukuran 8-inch yang berbasis Windows 10 ARM.

 

Spesifikasi KS-PRO

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

Spesifikasi KS-PRO ini mobile banget, tetapi siapa sangka nantinya Windows 10 full PC (ARM) yang bakal berjalan didalamnya. Berikut ini adalah detail spesifikasi KS-PRO:

  • Layar 8 inch Super Amoled beresolusi 2560 x 1440 dengan corning Gorilla Glass 3
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 835
  • 8GB RAM
  • GPU Adreno 540
  • 128GB ROM, dengan dukungan ekspansi hingga 256GB
  • Kamera depan 12MP f/1.7 dengan autofocus
  • Baterai 10307mAh dengan Quick Charge 4.0 yang mampu bertahan 12 jam penggunaan
  • Port 2x USB Type-C, 1x USB 3.1, 3.5mm audio jack
  • Dilengkapi Keyboard dengan track point dan fingerprint scanner
  • Body magnesium alloy
  • Konektivitas 3G / 4G LTE / WiFi / NFC / GPS dengan AGPS / Bluetooth 4.0

Dari spesifikasinya terlihat meskipun berukuran kecil tetapi KS-PRO ini sangat powerful untuk menjalankan Windows 10 ARM.

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

 

Desain KS-PRO

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

KS-PRO memiliki desain ringkas elegan dengan body berbalut magnesium alloy. Alih-alih menggunakan trackpad yang lebar dan boros tempat, keyboardnya dilengkapi dengan track point ala laptop jaman dulu. Tapi jangan salah, track point ini juga merupakan sebuah fingerprint yang bisa membuka Windows 10 melalui fitur Windows Hello.

Sekilas jika dilihat memang KS-PRO ini seperti Phablet kebanyakan, tetapi bedanya dia menggunakan sistem operasi Windows 10 ARM yang juga sama powerfulnya seperti Windows 10 PC — dan yang terpenting, bisa menjalankan berbagai aplikasi PC seperti Photoshop, MS Office, ataupun aplikasi PC lainnya.

 

Harga KS-PRO

Inilah KS-PRO: Ultra Mobile PC Berbasis Windows 10 ARM + Snapdragon

Saat ini KS-PRO masih dalam proses crowd funding di Indiegogo, dan saat artikel ini ditulis sudah mendapatkan dana $52.485 dari target $300.000. Untuk para backers, KS-PRO dibandrol harga $600 — dan selanjutnya direncanakan harganya bakal $750 atau sekitar 10 juta rupiah.

Jika kamu tertarik memilikinya kamu bisa turut menjadi backers di campaign Indiegogo KS-PRO ini.

Karena menggunakan Windows 10 ARM dan berjalan di prosesor ARM, maka dengan perangkat dan specs yang sama KS-PRO memiliki versi Androidnya yang bernama KS-DROID. Ini membuka mata kita bahwa kedepannya, Windows 10 ARM bisa berjalan di perangkat yang sama dengan perangkat Android. Manufaktur tentunya dimudahkan dengan adanya Windows 10 ARM ini karena mereka bisa merilis perangkat Phablet / Tablet dalam dua versi OS tanpa harus memproduksi perangkat yang benar-benar berbeda.

Dan sebagai konsumen nantinya kita bisa lebih mudah memilih perangkat sesuai kebutuhan, apakah membeli versi Android ataukah Windows 10 ARM.

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.