Home Editorial Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Apakah kamu pernah takut untuk update driver komputer? Berdasarkan pengalaman mimin sendiri, pernah dulu sekali salah update driver dan akhirnya si Windows jadi BSOD. Karena ketakutan inilah muncul software driver update utilities, itu pun belum pasti dan lebih banyak junk ware yang diinstall ke komputer kamu. Lebih baik kamu melakukan update driver dari Windows Update atau dari situs device manufacture. (Baca: Ternyata Inilah Orang Dibalik Pesan Error BSOD Windows)

Untuk kamu yang belum tahu apa itu driver, WinPoin akan mengulasnya dengan singkat. Driver dari hardware adalah software untuk menghubungkan hardware dengan Windows. Device manufacture membuat driver dan mungkin kamu perlu menginstall versi terbaru dari device driver tersebut.

 

Apakah Update Driver Penting??

Pada dasarnya, mimin merekomendasikan kamu untuk tidak sembarangan melakukan update driver kecuali memang diperlukan. Misalkan saja, driver untuk card reader built-in di komputer kamu bisa bekerja dengan baik, maka kamu tidak perlu melakukan update driver untuk hardware tersebut. Bahkan ketika manufacture merilis driver versi terbaru, mungkin kamu tidak akan melihat perbedaannya. Tidak ada alasan untuk melakukan update driver ke versi terbaru, kalau semua hal yang ada di komputer kamu dapat bekerja dengan baik.

Tapi untuk kondisi tertentu, seperti misalnya para gamer yang ingin driver grafisnya tetap update untuk memastikan kinerja grafis tetap baik dan menyesuaikan dengan game baru. Contoh lain lagi, mungkin kamu perlu update driver jika sistem operasi yang kamu gunakan tidak mendukung driver lama tersebut sehingga device tidak bisa digunakan.

Jika kamu ingin update driver, pastikan untuk tidak menggunakan driver utilities. Dapatkan driver terbaru untuk device kamu dari situs asli manufature device tersebut. Perlu kamu ketahui juga, biasanya manufacture merilis driver secara individual lewat website mereka dan melalui Microsoft via Windows Update.

 

Update Driver Hardware Kamu dengan Windows Update

Misalkan saja kamu menggunakan Windows 10, Windows Update akan secara otomatis mendownload dan menginstall driver terbaru untuk kamu. Pada Windows 8 dan Windows 7 sebenarnya Microsoft juga menyediakannya lewat Windows Update, tapi Microsoft jauh lebih agresif pada Windows 10. Itu semua akan terjadi secara otomatis, Bahkan jika kamu menginstall driver secara manual, Windows akan secara otomatis menggantinya dengan versi terbaru jika tersedia.

Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Karena semua terjadi secara otomatis, kamu tidak perlu menggunakan driver utilities. Dengan Windows Update saja itu sudah cukup untuk mengatasi masalah kamu.

Pada Windows 8 dan Windows 7, driver muncul pada Windows Update sebagai optional update. Jika kamu ingin mendapatkan driver terbaru, pastikan dengan membuka Windows Update, klik check for update, dan install semua yang tersedia untuk update driver.

Karena update driver tersedia di Windows Update, pastinya driver aman digunakan dan diinstall.

 

Update Driver Grafis

Untuk driver grafis, kamu bisa menggunakan tool di control panel untuk mengeceknya sebelum melakukan update. NVIDIA, AMD, dan bahkan Intel memberikan control panel yang secara otomatis untuk mengecek dan mendownload driver grafis terbaru untuk kamu.

Hanya dengan membuka aplikasi NVIDIA GeForce Experience, AMD Catalyst Control Center, atau Intel Graphics Control Panel atau apapun yang ada di komputer kamu. Kamu akan sering melihatnya di System Tray dan kamu bisa dapat menemukannya di Start Menu.

Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Bahkan jika kamu menggunakan Windows 10, mungkin kamu harus melakukan update secara manual. Windows 10 tidak akan secara otomatis melakukan update driver grafis, setiap NVIDIA atau AMD merilis versi terbaru. Update ini hanya benar-benar diperlukan untuk orang yang bermain game.

 

Gunakan Website Manufacture

Untuk driver lainnya, pergi ke website manufacture hardware yang kamu gunakan. Jika kamu memiliki laptop atau desktop built-in, pergi ke website manufacture dan cari driver berdasarkan model laptop atau desktop yang kamu miliki. Dari situ kamu bisa mendownload driver untuk laptop atau desktop kamu.

Inilah Langkah Aman Untuk Update Driver di Windows

Ini juga merupakan tempat dimana kamu menemukan update firmware BIOS dan UEFI, tapi mimin merekomendasikan untuk tidak menginstall update terbaru dari BIOS atau UEFI. (Baca: Cara Mengetahui Komputer Kamu Pake BIOS atau UEFI)

Jika kamu menggunakan PC rakitan, kamu mungkin harus mendownload driver dari setiap web berdasarkan merek hardware yang kamu gunakan. Misalkan saja, pergi ke website motherboard manufacture, cari berdasarkan model motherboard untuk menemukan driver motherboard. Ulangi proses tersebut untuk setiap hardware yang terpasang di komputer rakitan kamu.

 

Tapi untuk kamu yang menggunakan Windows 10, secara otomatis ia akan menjaga driver kamu tetap up-to-date. Untuk update driver lainnya, kamu bisa dengan mudah memeriksa website manufacture jika ada update.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • dodi

    Min VLC windows store PC 1.8 kapan dirilis ya?
    kok di blognya thomas nigro udah ada, tp di WS masih versi 1.7>

    sorry kalo OOT

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Dan terkadang driver yang tersedia di Website Manufaktur Leppi resmi gak uptodate..
    Kalo update driver di database Driverpack (drp.su).. Bikin pusing, banyak sekali pilihannya, tapi paling direkomendasi sih buat yang sudah bisa inul kompi atau leppi.

    TIP buat yang sering memakai aplikasi driver utilities gratisan seperti 3dpchip, iObit driverbooster, Avg Driver updater, Driverpack solution versi Lite, dll. Putuskan koneksi internet agan sebelum install aplikasi driver utilities yang ane sebutin tadi dan sambungkan kembali ke internet setelah selesai install aplikasi tersebut. Gunanya untuk mencegah muculnya junkware (setelah diinstall) berkedok special offer yang meminta agan install aplikasi yang ditawarkan tadi. Ini direkomendasi untuk para awam!!!

    • Christian Tian

      Website resmi selalu up2date
      Kalo gak up2date dapet darimana app pihak ketiga Buat bikin update driver??

      Buat awam justru direkomendasiin lewat windows update atau update manual download langsung dari vendornya bukan pake app ketiga

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Kalo App pihak ketiga dapetnya dari vendornya langsung secara khusus dengan memodifikasi file setupnya dan memodifikasi file dalamnya seperti hanya mengambil file penting (.inf) sehingga dapat mengurangi file setupnya, seperti yang dilakukan oleh driverpack (drp.su).

        Justru lebih mudah mengupdate driver pake app pihak ketiga karena simple, uptodate, dan dijamin kompatibel (3dp chip is recommended), ketimbang lewat Windows Update yang belum tentu muncul update driver terbaru tiap bulan dan ke vendor resmi yang merepotkan mencari update driver yang cocok satu persatu.

  • Luthfi

    Pakai Iobit Driver Booster lumayan, kok. Terpantau semuanya.

  • anton920

    Gan…uc browser di lumia lg bermasalah ya…tidak bs dibuka sma skali…di start screen warna tile nya lebih gelap dikit dr yg lainnya…trs di store tidak ada pilihan install dan share seperti app lainnya…knapa ya kira2…

  • Limit Breaker

    Baru tau kalo Intel ad control panel buat update nya.
    Cara ceknya gmn?

  • Rizal Faisal Akbar

    update driver antara perlu dan tidak perlu.
    perlu agar performancenya tidak tersendat terutama di driver VGA
    tidak perlu kalo saat update driver mengalami masalah

  • Whyu Wa

    always update

  • Rabbil AR

    klo update driver nya via DEVICE MANAGER itu gmna ?

    • Muchamad Rifny Setyawan

      Dasarnya windows update dengan melalui Device Manager sama

      karena ambil servernya juga sama

      (CMIIW)

  • BUDI

    Sekarang lebih suka dari Windows update. Karena di website vendor laptop, driver laptop ane udah mentok di windows 8.1

  • update kalau nggak dari windows update , ya langsung dari website manufaktur, atau dari tools yang diberikan oleh manufaktur :D

  • Zahid Fakhruddin

    confirmed, Lumia 950XL sm Lumia 550 nggak masuk indonesia, info dari teknisi microsoft indonesia …

  • yaya

    ga da apdetan berita ni…

  • Teguh Liem

    Paling aman itu dari Website Vendor penyedia driver masing masing.
    Windows update gak selalu aman, terkadang malah ngerusak driver aslinya.
    Aplikasi update driver pihak ketiga itu cuma tool kalau bener” gak tau driver apa yang digunakan.
    Aplikasi aplikasi seperti itu cuma ngebaca vendor id sama device id. Kalau cocok, langsung diinstal, padahal seri driver itu banyak, vendor id sama device id sama belum tentu seri drivernya sama.
    Selama bertahun tahun pake aplikasi pihak ketiga untuk update driver, gak ada yang bener” bisa update driver tanpa error sama sekali, pasti selalu konflik bahkan bikin hardware gak jalan.