Beberapa bulan yang lalu, Intel merilis prosesor Intel Core generasi kesepuluh yang dijanjikan akan dapat memberikan kinerja grafik yang lebih baik bagi laptop tipis. Namun pembuat chip ternama dari Silicon Valley ini ternyata masih belum selesai dalam melengkapi lini produk chip generasi kesepuluh ini. Baru saja Intel Core yang masih masuk lineup generasi kesepuluh dirilis oleh Intel, dan kali ini procie terbaru ini berfokus pada peningkatan CPU dan RAM.

Intel Core generasi sepuluh yang rilis belakangan ini diberi kode Comet Lake, yang mana akan bergabung dengan Ice Lake, kode seri processor generasi kesepuluh yang sebelumnya sudah dirilis. Model Comet Lake ini memiliki dua varian, yaitu Comet Lake-U dan Comet Lake-Y. Model U adalah yang paling powerful, memiliki konfigurasi hingga enam core, yang mana merupakan upgrade signifikan untuk prosesor yang beroperasi pada 15W TDP. Sementara Seri Y akan menunjukkan peningkatan pada clock speed, dengan model empat core dan TDP sebesar 7W. Tidak seperti Ice Lake yang merupakan model 10nm, Comet Lake merupakan chip 14nm. Meskipun demikian, Intel menyatakan bahwa prosesor ini akan meningkatkan performa sebesar 16% dan 41% produktivitas dan multitasking yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, tanpa mengurangi masa pakai baterai!

Kinerja dan efisiensi energi ini bukan satu-satunya hal menarik di seri Comet Lake. Intel menambahkan beberapa fitur pada chip ini yang akan sangat bermanfaat pada laptop dengan ukuran yang tipis. Prosesor ini mendukung RAM LPPDR4x yang berarti vendor akan dapat langsung memasangkan RAM 16GB pada notebook dengan prosesor Comet Lake-U. Konon prosesor ini juga dijamin dapat meningkatkan masa pakai baterai di laptop-laptop tipis.

Koneksi nirkabel dari perangkat yang menggunakan processor ini juga akan mendapatkan peningkatan signifikan. Koneksi internet bakal terasa lebih cepat dalam jangkauan yang lebih jauh. Tapi tentu saja jika kamu menggunakan koneksi internet yang cepat dan optimal.

Produk ini dijadwalkan akan sampai di tangan konsumen sekitar Oktober mendatang, tentu saja dalam bentuk utuh berupa beberapa produk laptop baru dari perusahaan-perusahaan yang sudah terlebih dahulu memesan processor generasi kesepuluh ini. Rilis ini tentu saja menjadikan keluarga MacBook tertinggal cukup jauh karena rilisan MacBook Pro terbaru masih menggunakan Intel Core generasi kedelapan dan LPDDR3 RAM.

Sumber: BGR

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.