Home News Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu!

Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu!

Cara Install Movie Maker di Windows 10

Banyak orang mengandalkan Google saat mencari software yang dibutuhkan, bahkan kamu mungkin salah satu diantaranya. Tapi jangan salah, tidak selamanya yang dimunculkan Google di urutan teratas adalah halaman resmi yang berisi link download software asli. Salah satunya adalah saat kamu mencari Windows Movie Maker. Kamu harus berhati-hati, karena yang ditampilkan di urutan pertama adalah halaman download Windows Movie Maker palsu!

Tentu ketika seseorang mengetikkan Windows Movie Maker di Google, yang mereka harapkan adalah mencari link download dari Windows Movie Maker buatan Microsoft. Tetapi kamu harus tahu bahwa Microsoft sudah tidak menyediakan lagi link download Windows Movie Maker di halaman officialnya. Ketika kamu mengetikkan keyword Windows Movie Maker, yang muncul adalah halaman www.windows-movie-maker.org.

Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu

Jika kamu buka, seolah-olah halaman tersebut menyediakan link download Windows Movie Maker secara gratis, baik untuk untuk Windows jadul (XP dan Vista), ataupun Windows yang lebih baru (Windows 7, 8, dan 10). Tetapi sebenarnya begitu kamu download dan install, software tersebut bukanlah Windows Movie Maker buatan Microsoft yang asli — atau setidaknya, installer tersebut sudah diotak-atik oleh sang scammer.

Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu

Memang sih secara fitur dan tampilan tetap sama, tetapi saat akan disimpan, akan muncul popup yang meminta kamu untuk membayar biaya upgrade sebesar $29.95. Padahal sebenarnya Windows Movie Maker dari Microsoft yang asli tidak meminta biaya upgrade seperti itu.

Selain itu jika kamu perhatikan, publisher dari Windows Movie Maker yang disediakan disana bukanlah Microsoft, melainkan win-movie-maker-free.

Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu

Bahkan di versi Windows 7 / 8 / 10, aplikasi yang terinstall tidak bernama Windows Movie Maker, melainkan Video Win Movie Maker 2016 dengan publisher videowinsoft.com .

Jangan Tertipu, Windows Movie Maker Ini Palsu

Tetapi semenjak berita ini menjadi headline di berbagai situs teknologi baik dalam dan luar negeri, nampaknya sudah ada perubahan yang ditanamkan di installer Windows Movie Maker palsu tersebut. Ketika WinPoin coba, popup permintaan upgrade tersebut sudah tidak ada lagi. Tetapi memang file video sesekali tidak bisa disimpan dan menampilkan pesan error, meskipun untuk menyimpan file project bisa dilakukan tanpa masalah.

Anyway, terlepas dari sekarang sudah dihilangkan atau tidak popup upgrade tersebut, WinPoin tidak menyarankan kamu mendownload Windows Movie Maker dari situs tersebut, terlebih setelah sebelumnya terbukti cukup nakal dengan mengutak-atik installernya.

Lalu bagaimana caranya untuk download Windows Movie Maker yang aman dan terpercaya?

Perlu kamu pahami bahwa Windows Movie Maker memang sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya oleh Microsoft — atau dengan kata lain sudah dimatikan sejak Januari 2017 lalu. Di Windows 10, fitur serupa sudah ditanamkan Microsoft langsung kedalam aplikasi Photos. (Baca: Review Lengkap Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update)

Review Story Remix - Ubah Gambar Menjadi Story Line yang Ciamik (1)

Tetapi kalaupun kamu tetap ngotot ingin menggunakan Windows Movie Maker, pastikan kamu download dari sumber yang terpercaya agar tidak menjadi korban dari scam, malware, ataupun adware. Kamu bisa mengikuti panduan WinPoin sebelumnya yang mengajarkan cara download dan install Windows Movie Maker dengan aman. Bisa kamu cek disana bahwa publisher Windows Movie Maker yang asli adalah Microsoft Corporation. (Baca: Cara Install Movie Maker di Windows dengan Aman)

Cara Install Movie Maker di Windows 10

Ingat, meskipun dalam banyak kasus, halaman teratas yang ditampilkan di Google adalah halaman resmi yang dianggap paling terpercaya, tetapi waspada itu harus. Pastikan kamu tetap berhati-hati saat mendownload dan menginstall software, karena tidak sedikit pula scammer yang memanfaatkan trik SEO semacam itu untuk mengakali pengguna yang mencari software yang sempat populer, tetapi sudah tidak disupport lagi oleh sang developer aslinya.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.