Home News Fitur Integrasi Ponsel Android ke Windows 10 di Build Insider Terbaru

Fitur Integrasi Ponsel Android ke Windows 10 di Build Insider Terbaru

Fitur Timeline Windows 10 Ditunda, Batal Rilis di Fall Creators Update

Hari ini Microsoft merilis build baru Windows 10 PC ke Insider Fast Ring, yaitu Build 16251. Salah satu fitur paling menarik diantara fitur lain yang ditanamkan adalah integrasi Windows 10 dengan smartphone atau yang disebut juga Timeline. Lalu seperti apa fitur Timeline di Windows 10 Insider terbaru ini? Berikut ini ulasan WinPoin.

Integrasi Windows 10 dengan Android

Masih ingat dengan fitur timeline di Windows 10? Itu adalah fitur yang bakal membuat kamu bisa dengan mudah berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain, misalnya saja dari smartphone ke PC.

Hari ini Microsoft memastikan bahwa fitur tersebut mulai digulirkan ke insider melalui build 16251 ini. Di build ini kamu bisa menghubungkan smartphone Android ke Windows 10 untuk cross-device web browsing. Caranya kamu tinggal Settings > Phone > dan masukkan smartphone Android kamu disana.

Kamu Bisa Hubungkan Ponsel Android ke Windows 10 di Build Insider Terbaru

Kemudian kamu akan menerima SMS dari Microsoft berisi link untuk menginstall Microsoft Apps di Android kamu. Begitu sudah terinstall dan terhubung dengan Windows 10, maka kamu bisa memanfaatkan fitur cross-device web browsing ini. Saat kamu browsing web melalui Android, dan ingin melanjutkannya di PC, kamu tinggal tap saja […] > lalu pilih Continue Now atau Continue Later.

Kamu Bisa Hubungkan Ponsel Android ke Windows 10 di Build Insider Terbaru

Jika kamu memilih Continue Now, maka link tersebut akan otomatis terbuka di Windows 10 PC. Sedangkan bila kamu pilih Continue Later, maka link tersebut akan tampil dibawah Action Center sehingga bisa kamu buka dengan mudah di kemudian waktu.

Microsoft menyatakan fitur integrasi akan terus ditambahkan seiring dengan berjalannya waktu. Support untuk iPhone juga akan dihadirkan dalam waktu dekat ini.

Fitur Baru Lainnya?

Selain Timeline yang saat ini bisa digunakan untuk mengintegrasikan smartphone ke Windows 10, masih ada juga beberapa fitur baru lain yang ditanamkan, seperti:

Hasil Pencarian di Cortana

Kamu Bisa Hubungkan Ponsel Android ke Windows 10 di Build Insider Terbaru

Kini hasil pencarian di Cortana bisa langsung ditampilkan untuk beberapa pertanyaan seperti, artis, saham, cuaca, jadwal penerbangan, dan sebagainya. Untuk konten yang tidak ditampilkan, maka tinggal klik saja dan akan dibuka melalui browser seperti biasa.

Voice Command untuk Restart, Shutdown, dsb

Kini kamu bisa menggunakan voice command untuk mematikan, restart mengunci, dan sing out PC. Cukup katakan saja:

  • “Hey Cortana, restart PC.”
  • “Hey Cortana, turn off PC.”
  • “Hey Cortana, sign out.”
  • “Hey Cortana, lock PC.”

Peningkatan Experience Boot Up

Sekarang Windows bisa menggunakan sign-in info untuk apply settings setelah restart atau shutdown. Hal ini bisa membantu proses sign-in jadi lebih cepat. Kamu bisa menggunakannya melalui tombol restart / shutdown di Windows, atau melalui dua command ini:

  • shutdown /sg (shutdown PC, pada boot selanjutnya, restart aplikasi yang teregister)
  • shutdown /g (restart PC, setelah booting, restart aplikasi yang teregister)

Fitur ini bisa kamu aktifkan atau matikan melalui settings Privacy.

Berbagai peningkatan lain

Ada juga berbagai peningkatan lain di area input, Microsoft Edge, hingga PG Gaming. Selain itu ada juga berbagai perbaikan dari bugs yang muncul di build sebelumnya.

Itulah beberapa fitur baru di Windows 10 Insider build terbaru, termasuk salah satunya yaitu fitur Timeline. Untuk sekedar mengingatkan, fitur Timeline ini sendiri tidak akan dirilis di Fall Creators Update seperti yang sebelumnya direncanakan. Tetapi bakal dirilis di update mayor Windows selanjutnya setelah Fall Creators Update. (Baca: Fitur Timeline Windows 10 Ditunda, Batal Rilis di Fall Creators Update)

via microsoft

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.