via TheNextWeb

Meskipun dikenal sebagai spesialis penambang data dan mendapatkan keuntungan dari data yang diberikan pengguna, Google nampaknya mulai memperhatikan privasi pengguna dan memberikan pilihan bebas yang cukup memudahkan pengguna dalam hal manajemen data pribadi mereka. Salah satu peningkatan yang diberikan Google, jika sebelumnya kamu perlu menghapus data milikmu secara manual untuk menghindari tracking dari Google atau pihak ketiga yang memanfaatkan fasilitas Google ini, maka sekarang kamu bisa menghapus data kamu secara otomatis.

Dalam postingannya di The Keyword, Google menjelaskan alasan mereka memberikan fasilitas kontrol penghapusan data otomatis dan bagaimana cara melakukannya. Google menyatakan bahwa dengan ini maka semua orang tidak perlu lagi takut menggunakan produk-produk Google, terutama bagi mereka yang sadar terhadap pentingnya privasi. Tentu saja dalam hal ini Google tetap mengumpulkan data “untuk menjadikan produk Google lebih bermanfaat”, namun kali ini setiap orang bisa memilih untuk menghapus data yang diberikan tersebut secara otomatis.

Dengan fasilitas baru Google ini, maka kamu bisa meminta Google menghapus data secara otomatis setelah tiga bulan atau 18 bulan tanpa perlu melakukan hal tambahan.

 

Bagaimana caranya? Kamu cukup login ke akun Google kamu, baik melalui Chrome ataupun Android, kemudian ketuk Manage Your Google Account. Setelah itu buka Data & Personalization, cari Activity Controls. Berikutnya, ketuk Manage Your Activity Controls > Manage Activity.

Kontrol penghapusan otomatis ini tersedia di Web & App Acitivity dan Location History. Jadi, saat kamu mengetuk Manage Activity, maka kamu tinggal membuka dua bagian itu, dan kamu akan menemukan Choose to Delete Automatically. Setelah memilih opsi tersebut, kamu bisa memilih seberapa lama Google akan mempertahankan data kamu.

Ini merupakan sebuah langkah bagus dari Google, karena dengan demikian setiap orang bisa sedikit lepas dari kekhawatiran bahwa Google mengumpulkan data pribadi setiap saat. Meskipun demikian, tentu saja banyak yang tidak akan mengetahui trik ini, jadi penting bagi kamu yang paham untuk membantu menginformasikannya. Repot? Cukup kamu bagikan artikel ini kepada teman-temanmu. :)

PS: Fitur ini sedang digulirkan secara bertahap, jadi mungkin kamu tidak akan langsung bisa menggunakannya saat ini, dalam artian pilihan Choose to Delete Automatically belum ada, tapi opsi ini akan muncul nantinya.

 

Sumber: Makeuseof

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.