Sebuah pertanyaan yang terpikirkan setelah melihat dan mencoba Windows 11 Insider Preview, “kok Context menu-nya ada dua, yang Modern dan versi lama yang dapat diakses dengan menekan opsi “Show more options”.

Nah tepat seperti pada gambar diatas, gambar pertama adalah Context Menu baru yang memang Microsoft hadirkan khusus untuk Windows 11, dimana tampilannya lebih simple, dan lebih konsisten pada semua komponen, baik di Desktop, Folder, atau File.

Lalu kenapa ada dua?

Menjawab hal tersebut, adanya dua buah Context Menu di Windows 11 sebenarnya adalah untuk mengawali perubahan baru User Interface di system operasi Windows 11 ini, seperti yang banyak dikatakan, Context menu lama cukup membingungkan dengan banyaknya ketidak konsistenan dihampir setiap bagian. Misalkan saja di Windows 10, ada dua Context menu, satu Context Menu klasik yang sudah hadir sejak era Windows terdahulu, dan satu lagi Context Menu modern ala Windows 10.

Di Windows 10 sendiri, banyak pengguna Windows diluar sana yang menyebut Context menu yang membingungkan ini dengan “Context Menu Hell” karena saking banyaknya perbedaan dan ketidak konsistenan.

Nah jadi alasan adanya dua Context Menu di Windows 11, adalah seperti yang saya sebutkan diatas, ini untuk mengawali perubahan baru User Interface di system operasi Windows 11, dimana nantinya semua tampilan Context menu akan sama, meski memang ada beberapa isi dan opsi yang berbeda antara Folder dan File, namun tampilannya akan sama sehingga membuat bagian penting ini menjadi lebih konsisten.

Kedepannya mungkin jika pengguna sudah terbiasa, Context Menu lama yang saat ini bisa diakses dengan opsi Show more options mungkin akan Microsoft hilangkan, karena bagaimanapun tujuan Microsoft membangun Windows 11 adalah untuk memperbaiki apa yang gagal di Windows 10, termasuk “Context Menu Hell” yang memang sempat dikeluhkan banyak pengguna.

Perubahan Ini Akan Meluas Ke Aplikasi Microsoft Lainnya…

Jika kamu adalah pengguna Office Insider, kamu mungkin melihat bahwa tampilannya kini sudah baru dan lebih mirip dengan tampilan Windows 11. Nah dengan ini tentunya membuka sebuah peluang baru akan adanya perubahan dari seluruh aplikasi Microsoft nantinya, mulai dari Office, Visual Studio, dan aplikasi lain mungkin nanti akan menerapkan hal yang sama, “sebuah kekonsistenan” yang menyeluruh terhadap semua layanan.

Sumber : Microsoft

Meskipun begitu bagaimanapun Microsoft mungkin masih membutuhkan waktu untuk perubahan ini, karena ada cukup banyak aplikasi dan layanan mereka, selain itu pengguna juga harus lebih terbiasa, dan bagusnya dengan hadirnya Windows 11, sekali lagi akan menjadi perubahan besar bagi Windows OS dan aplikasi Microsoft lainnya.

Baca Juga : Tahukah Kamu, Di Windows 11 Tidak Ada Tombol Refresh di Desktop

Microsoft Belajar dari MacOS

Di beberapa forum Windows yang saya ikuti, banyak yang membahas Windows 11, dan banyak juga pengguna yang mengatakan bahwa Microsoft belajar dari MacOS akan tampilan baru Windows 11 ini, dan sejujurnya ini bagus juga, karena dengan tampilan yang lebih estetik ini, Windows 11 juga akan lebih fleksibel untuk banyak perangkat.

Meskipun memang bagi pengguna lama, perubahan besar ini cukup membingungkan melihat tipe tampilan seperti yang hadir di Windows 11 ini.

Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu siap dengan perubahan besar ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.