Home PC Kenapa Tidak Ada GPU Monitoring di Task Manager Windows 10 Kamu

Kenapa Tidak Ada GPU Monitoring di Task Manager Windows 10 Kamu

Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Salah satu fitur baru di Windows 10 Fall Creators Update adalah GPU Monitoring di Task Manager. Jadi kamu tidak hanya bisa memonitor penggunaan resource CPU, RAM, Disk, dan Network saja, tetapi juga penggunaan resource GPU. Fitur ini support baik untuk GPU internal maupun dedicated GPU. Tetapi bagaimana jika setelah kamu cari-cari, ternyata GPU Monitoring ini tidak ada di Task Manager Windows 10 kamu?

Jangan bingung atau khawatir bahwa Windows 10 kamu bermasalah. Memang tidak semua PC menampilkan GPU monitoring di Task Manager Windows 10 Fall Creators Update. Fitur GPU Monitoring ini hanya muncul di PC yang sudah mendukung Windows Display Driver Model (WDDM) 2.0 atau yang lebih baru. Jadi jika PC kamu masih berjalan dengan WDDM 1.x, fitur GPU Monitoring ini tidak akan kamu temui didalam Task Manager.

Microsoft sendiri menyatakan bahwa sekitar 70% PC yang menggunakan Windows 10 sudah mendukung fitur ini.

 

Cara Melihat Versi WDDM di Windows 10

Untuk memastikan berapa versi WDDM di PC kamu, langsung saja ketikkan Dxdiag di kolom pencarian Windows, dan tekan Enter.

Kenapa Tidak Ada GPU Monitoring di Task Manager Windows 10 Kamu

DirectX Diagnostic Tool akan terbuka, buka tab Display. Kamu akan mendapati versi WDDM disana. Jika sudah WDDM 2.0 keatas, maka GPU monitoring bakal muncul di Task Manager. Tetapi jika masih WDDM 1.x maka memang wajar jika GPU monitoring tidak ada di Task Manager Windows 10 kamu.

Kenapa Tidak Ada GPU Monitoring di Task Manager Windows 10 Kamu

 

Solusi Alternatif untuk Memonitor GPU

Solusi alternatif bagi kamu yang Windows 10 nya tidak dilengkapi GPU monitoring adalah menggunakan tool pihak ketiga seperti GPU-Z atau GPU Shark.

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.