Cara Menunda Update Mayor Windows 10 dengan Tetap Aman

WinPoin sangat memahami adanya keberagaman pendapat di kalangan pengguna Windows. Sebagian diantara kamu mungkin merasa senang dengan semakin seringnya perilisan update mayor Windows 10 yang kini mencapai 2x dalam setahun. Ini artinya makin sering pula Windows 10 ketambahan fitur baru yang menarik untuk dicoba dan dieksplorasi. Tetapi tentu sebagian lain ada yang merasa 2x setahun terlalu sering dan melelahkan. Pertama, kuota internet tentu terkuras. Kedua, beberapa fitur masih terasa belum begitu matang untuk dinikmati.

Nah buat kamu yang merasa update mayor 2x setahun itu terlalu sering dan melelahkan, WinPoin akan memberikan tips untuk menunda update mayor Windows 10 dengan sangat aman melalui fitur yang memang disediakan Microsoft di Windows 10.

Beberapa Catatan Penting

Namun sebelum memulai tutorial ini, ada beberapa catatan penting yang perlu kamu pahami. Pertama, fitur untuk menunda update mayor ini hanya bisa kamu dapat di Windows 10 Pro, Education, dan Business saja. Sedangkan untuk pengguna Windows 10 Home tidak bisa menikmatinya.

Kedua, bagi kamu pengguna Windows 10 Home, kamu memang bisa menunda update mayor dengan mematikan Windows Update secara paksa seperti yang sudah WinPoin ajarkan sebelumnya, tetapi hal tersebut sangat tidak WinPoin rekomendasikan karena akan menghentikan tidak hanya update mayor Windows 10, tetapi juga update lainnya termasuk patch security. Sedangkan dengan cara ini hanya update mayor saja yang akan ditunda, sedangkan patch dan update lainnya tetap bisa berjalan lancar.

Cara Menunda Update Mayor Windows 10

Bagi kamu pengguna Windows 10 Pro, Education, ataupun Business, menunda update mayor Windows 10 sangat mudah. Kamu tidak perlu melakukan tweak ini itu, karena opsinya sudah disediakan oleh Microsoft di Settings.

Cukup buka Settings > Windows Updates > Advanced Options > dan pada bagian Choose when updates are installed, di bagian defer featured update, isikan berapa lama kamu ingin menunda update mayor Windows 10 terinstall.

Kamu bisa menunda selama 1 hari, hingga 365 hari (1 tahun) sesuai keinginan kamu.

Cara Menunda Update Mayor Windows 10 dengan Tetap Aman

Kamu juga bisa mengubah branch readiness level dari Current Branch (build yang siap digunakan oleh pengguna umum) ke Current Branch for Business (build yang dianggap sudah siap untuk dipakai di organisasi / enterprise. Branch untuk bisnis ini selalu lebih lama dirilis dibandingkan branch untuk umum, serta sudah dianggap matang dengan minimnya bugs dan permasalahan.

NB: Di Fall Creators Update, istilah Current Branch diubah menjadi Semi-Annual Channel (Targeted) dan Current Branch for Business menjadi Semi-Annual Channel

Mengubah dua opsi itu saja sudah cukup, kamu tidak perlu menunda quality updates atau melakukan pause updates, karena hal ini ikut berimbas pada update berupa patch security juga.

Nah itulah dia cara menunda update mayor Windows 10 tanpa mencegah patch security dan update penting lainnya terinstall. Hasilnya kamu bisa tetap berada di versi Windows 10 yang kamu inginkan, dengan tetap aman terlindungi karena patch security masih terupdate rutin seperti biasa.

Ada pertanyaan atau punya tips lain? Silakan sampaikan di kolom komentar.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.