Inilah Windows 10 Smartphone Build 12534 — Lengkap dengan Spartan, Outlook Baru, dsb

Beberapa hari kemarin ada teman saya yang bertanya “apa sih kelebihan windows phone?” Lalu tanpa ragu saya menjawab “Windows Phone itu sangat cocok sebagai alat pendamping saat kita bekerja“. Dia pun kembali bertanya “Kenapa?“. Jujur saja pertanyaan ini tidak mudah untuk saya jelaskan karena ketika seseorang belum mencoba sendiri Windows Phone, maka sulit bagi dia untuk bisa memahami kelebihan dari smartphone ini.

Namun demikian saya akan mencoba mengulas beberapa kelebihan Windows Phone yang menurut saya sangat mendukung bagi berbagai pekerjaan produktif saya.

 

Terhubung dengan OneDrive

Bagi kamu yang belum tahu, OneDrive merupakan layanan penyimpanan cloud milik Microsoft. Selain tugasnya untuk membackup semua data-data penting baik yang ada di PC dan Smartphone, dia juga punya keistimewaan untuk seluruh aplikasi yang ada di Windows Phone baik itu Office maupun Onenote.

Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi menggunakan kabel data untuk mengirim file dokumen ke smartphone, ataupun membuka catatan yang baru saja dibuat dengan Onenote pada PC.

Cukup bermodalkan koneksi internet di PC dan smartphone lalu login pada akun Microsoft yang sama, maka semua dokumen yang kita buat di PC bisa langsung kita akses di Windows Phone, dan begitu pula sebaliknya. Semua berlangsung dengan sinkronisasi otomatis yang tentu saja memudahkan kita dalam bekerja secara mobile.

 

Bisa Mengolah Dokumen di Windows Phone

Jika pada saat terdesak kamu diharuskan untuk mengubah dokumen, dan dokumen tersebut sudah tersinkronisasi di OneDrive, maka dengan seketika kamu bisa mengubah isi file dokumen tersebut langsung dari Windows Phone. Nantinya dokumen versi terbaru tersebut juga bakal tersimpan dan bisa dibuka melalui PC.

Mengedit berbagai dokumen seperti Word yang berisikan proposal, atau file excel yang biasanya digunakan untuk mencatat keluar masuknya uang bulanan, atau bahkan mengubah file powerpoint dari Windows Phone juga bisa dilakukan.

Tidak hanya mengubahnya saja, kamu juga bisa membuat dokumen di Windows Phone lalu melanjutkannya di PC, atau sebaliknya.

Microsoft baru-baru ini memang sudah menghadirkan Office dan OneDrive ke platform lainnya, tetapi menggunakan semua layanan Microsoft di Windows Phone yang juga dikembangkan oleh Microsoft memiliki user experience yang lebih baik.

Belum lagi di Windows 10 Mobile nanti Office nya merupakan Universal Apps yang memiliki fitur selengkap Office Desktop.

 

Lupa Bawa Buku Catatan, Onenote Bisa Mengatasinya

Buku catatan bisa jadi merupakan satu benda yang amat penting dalam bagi sebagian orang. Namun jika karena suatu hal kamu lupa membawanya, maka buka saja aplikasi OneNote untuk menggantikan buku catatan kesayangan kamu tersebut.

Sesampainya di rumah kamu bisa membukanya melalui PC dan memindahkannya ke buku catatan, atau kamu bahkan juga bisa beralih hati dari buku catatan fisik ke OneNote yang merupakan buku catatan digital.

 

Atur Jadwal Pekerjaan di Aplikasi Kalender

Ada hal yang mungkin membedakan Windows Phone dengan smartphone lainnya, yaitu aplikasi kalender bisa tersinkronasi dengan baik di Microsoft Outlook. sehingga jadwal apa saja yang terdapat dalam Windows Phone saya juga ada di PC jika saya membuka aplikasi Microsoft Outlook tersebut.

Akan tetapi karena saya mensinkronisasi aplikasi Facebook pada Windows Phone dengan aplikasi Kalender yang juga ada di Windows Phone tersebut, banyak sekali jadwal – jadwal yang menurut saya tidak begitu penting seperti reminder hari ulang tahun.

Namun jika kamu tidak teledor seperti saya yang mensinkronkan aplikasi Facebook dengan Aplikasi Kalender, mungkin pengalaman kalian menggunakan aplikasi ini bakal jauh lebih bagus. Semua jadwal yang diatur di Windows Phone bisa diakses di PC dan sebaliknya. Hasilnya tidak ada lagi event-event penting yang terlewatkan.

 

Cortana siap membantu

Jika Apple memiliki asisten bernama Siri maka Windows Phone punya asisten bernama Cortana, Salah satu aplikasi built-in milik Windows Phone ini cukup bisa diandalkan jika kamu sedang di perjalanan atau tidak sempat untuk berlama-lama memegang smartphone.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan bantuan Cortana, misalkan saja meminta cortana untuk menelepon seseorang yang kita sayangi, membuat catatan lengkap dengan waktu pengingatnya, menemukan lokasi tempat makan di sekitar kita, serta menemukan jalan pintas saat kita tersesat.

Namun untuk bisa menggunakannya kamu harus mengubah region Windows Phone menjadi US dan berbicara dengan Cortana dalam Bahasa Inggris karena hingga saat ini Cortana belum support Bahasa Indonesia.

 

Kesimpulan

Memang tidak semua smartphone dirancang untuk alat pendamping pekerjaan produktif. Namun sepanjang pengalaman saya menggunakan Windows Phone, saya merasa smartphone ini sangat cocok dan mendukung produktivitas.

Tentu saja bagi pengguna smartphone yang lebih tertarik di permainan dan hiburan Windows Phone sering dianggap sebagai benda kuno yang tidak bisa memenuhi kebutuhan utama mereka (misalnya bermain COC, dsb). Tetapi bagi kamu yang lebih fokus di kegiatan produktif, Windows Phone sangat mendukung aktivitas kamu tersebut.

Selain untuk kegiatan produktif, Windows Phone juga cocok digunakan untuk hobi fotografi karena beberapa seri device Lumia memiliki kualitas kamera dan aplikasi kamera yang diatas rata-rata.

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.