Home Editorial Kenapa Windows Phone Sangat Cocok untuk Pekerjaan Produktif?

Kenapa Windows Phone Sangat Cocok untuk Pekerjaan Produktif?

Inilah Windows 10 Smartphone Build 12534 — Lengkap dengan Spartan, Outlook Baru, dsb

Beberapa hari kemarin ada teman saya yang bertanya “apa sih kelebihan windows phone?” Lalu tanpa ragu saya menjawab “Windows Phone itu sangat cocok sebagai alat pendamping saat kita bekerja“. Dia pun kembali bertanya “Kenapa?“. Jujur saja pertanyaan ini tidak mudah untuk saya jelaskan karena ketika seseorang belum mencoba sendiri Windows Phone, maka sulit bagi dia untuk bisa memahami kelebihan dari smartphone ini.

Namun demikian saya akan mencoba mengulas beberapa kelebihan Windows Phone yang menurut saya sangat mendukung bagi berbagai pekerjaan produktif saya.

 

Terhubung dengan OneDrive

Bagi kamu yang belum tahu, OneDrive merupakan layanan penyimpanan cloud milik Microsoft. Selain tugasnya untuk membackup semua data-data penting baik yang ada di PC dan Smartphone, dia juga punya keistimewaan untuk seluruh aplikasi yang ada di Windows Phone baik itu Office maupun Onenote.

Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi menggunakan kabel data untuk mengirim file dokumen ke smartphone, ataupun membuka catatan yang baru saja dibuat dengan Onenote pada PC.

Cukup bermodalkan koneksi internet di PC dan smartphone lalu login pada akun Microsoft yang sama, maka semua dokumen yang kita buat di PC bisa langsung kita akses di Windows Phone, dan begitu pula sebaliknya. Semua berlangsung dengan sinkronisasi otomatis yang tentu saja memudahkan kita dalam bekerja secara mobile.

 

Bisa Mengolah Dokumen di Windows Phone

Jika pada saat terdesak kamu diharuskan untuk mengubah dokumen, dan dokumen tersebut sudah tersinkronisasi di OneDrive, maka dengan seketika kamu bisa mengubah isi file dokumen tersebut langsung dari Windows Phone. Nantinya dokumen versi terbaru tersebut juga bakal tersimpan dan bisa dibuka melalui PC.

Mengedit berbagai dokumen seperti Word yang berisikan proposal, atau file excel yang biasanya digunakan untuk mencatat keluar masuknya uang bulanan, atau bahkan mengubah file powerpoint dari Windows Phone juga bisa dilakukan.

Tidak hanya mengubahnya saja, kamu juga bisa membuat dokumen di Windows Phone lalu melanjutkannya di PC, atau sebaliknya.

Microsoft baru-baru ini memang sudah menghadirkan Office dan OneDrive ke platform lainnya, tetapi menggunakan semua layanan Microsoft di Windows Phone yang juga dikembangkan oleh Microsoft memiliki user experience yang lebih baik.

Belum lagi di Windows 10 Mobile nanti Office nya merupakan Universal Apps yang memiliki fitur selengkap Office Desktop.

 

Lupa Bawa Buku Catatan, Onenote Bisa Mengatasinya

Buku catatan bisa jadi merupakan satu benda yang amat penting dalam bagi sebagian orang. Namun jika karena suatu hal kamu lupa membawanya, maka buka saja aplikasi OneNote untuk menggantikan buku catatan kesayangan kamu tersebut.

Sesampainya di rumah kamu bisa membukanya melalui PC dan memindahkannya ke buku catatan, atau kamu bahkan juga bisa beralih hati dari buku catatan fisik ke OneNote yang merupakan buku catatan digital.

 

Atur Jadwal Pekerjaan di Aplikasi Kalender

Ada hal yang mungkin membedakan Windows Phone dengan smartphone lainnya, yaitu aplikasi kalender bisa tersinkronasi dengan baik di Microsoft Outlook. sehingga jadwal apa saja yang terdapat dalam Windows Phone saya juga ada di PC jika saya membuka aplikasi Microsoft Outlook tersebut.

Akan tetapi karena saya mensinkronisasi aplikasi Facebook pada Windows Phone dengan aplikasi Kalender yang juga ada di Windows Phone tersebut, banyak sekali jadwal – jadwal yang menurut saya tidak begitu penting seperti reminder hari ulang tahun.

Namun jika kamu tidak teledor seperti saya yang mensinkronkan aplikasi Facebook dengan Aplikasi Kalender, mungkin pengalaman kalian menggunakan aplikasi ini bakal jauh lebih bagus. Semua jadwal yang diatur di Windows Phone bisa diakses di PC dan sebaliknya. Hasilnya tidak ada lagi event-event penting yang terlewatkan.

 

Cortana siap membantu

Jika Apple memiliki asisten bernama Siri maka Windows Phone punya asisten bernama Cortana, Salah satu aplikasi built-in milik Windows Phone ini cukup bisa diandalkan jika kamu sedang di perjalanan atau tidak sempat untuk berlama-lama memegang smartphone.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan bantuan Cortana, misalkan saja meminta cortana untuk menelepon seseorang yang kita sayangi, membuat catatan lengkap dengan waktu pengingatnya, menemukan lokasi tempat makan di sekitar kita, serta menemukan jalan pintas saat kita tersesat.

Namun untuk bisa menggunakannya kamu harus mengubah region Windows Phone menjadi US dan berbicara dengan Cortana dalam Bahasa Inggris karena hingga saat ini Cortana belum support Bahasa Indonesia.

 

Kesimpulan

Memang tidak semua smartphone dirancang untuk alat pendamping pekerjaan produktif. Namun sepanjang pengalaman saya menggunakan Windows Phone, saya merasa smartphone ini sangat cocok dan mendukung produktivitas.

Tentu saja bagi pengguna smartphone yang lebih tertarik di permainan dan hiburan Windows Phone sering dianggap sebagai benda kuno yang tidak bisa memenuhi kebutuhan utama mereka (misalnya bermain COC, dsb). Tetapi bagi kamu yang lebih fokus di kegiatan produktif, Windows Phone sangat mendukung aktivitas kamu tersebut.

Selain untuk kegiatan produktif, Windows Phone juga cocok digunakan untuk hobi fotografi karena beberapa seri device Lumia memiliki kualitas kamera dan aplikasi kamera yang diatas rata-rata.

  Solusi Laptop Minim Storage  

Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • Gondo

    Jadi inget dulu saya beli lumia 520 saya ini buat istri dan istri gak suka, istri bilang ribet, gak ada bbm, game gak banyak, dan sempet saya pengen jual lagi, dan akhirnya saya ketemu kondisi untuk mengabadikan momen dgn membuat video di lumia ini, hasilnya bagus, dan juga ketika saya memakai lumia camera yg bisa saya andalkan untuk hobi fotografi saya, akhirnya saya urungkan untuk saya jual karena saya sudah ketemu asyiknya di lumia ini. Ada dua poin yg kurang di os ini yaitu fasilitas usb tethering dan usb otg, dan itu alasan saya masih make android, karena utk bekerja dgn internet dgn menggunakan hape sebagai modem. Game “tidak banyak” di windows phone gak banyak, itu bukan masalah buat saya.

  • Agil Faisal Rahman

    WP emang ajib untuk urusan kerja… simple banget buat ngakses dokumen2 nya… untuk masalah hiburan.. game2 n aplikasi2 nya juga banyak variasinya ko…

    • buat kerjaan emang nyaman :D *pengalaman pribadi

      • Betul … Pengalaman pribadi juga nih ….
        Emang ajib buat urusan kerjaan …. Soalnya cuma WP platform mobile satu-satunya yang bisa dipake buat debugging aplikasi WinRT di smartphone ….. eh …….

        *digetok rame-rame ama warga WinPoin* …. XD~

  • Edi

    Btw untuk semua yg d sebutkan di atas kayaknya bisa dilakukan di Android, sebenernya sy cukup tertarik di Windows phone apa lagi win 10 nanti, mungkin kalau ingin migrasi sy msh menunggu hp dg win 10 launching apa lg yg sdh bisa colok ke layar besar :-D, soalnya seri lowend lumia speknya nanggung2 si 532 camera gak autofocus 535 touchscreen masalah. Menunggu yg pas budget dan spek dan servis

    • Muhamad Farhan Abi Karami

      Tapi kalo buat produktifitas enakan pakai Tab untuk seri android,kalo Windows Phone enak semua karena gak terancam lag

    • Ambrizal Suryadinata

      Ya memang sih tapi kalau dari artikel sebelumnya diperlukan smartphone yang baru lagi untuk menghidupkan fitur continuum versi smartphone ini. mungkin semua seri lumia yang dikeluarkan dipasaran dibawah tahun 2015 mungkin tidak bisa menggunakan fitur ini, nah untuk masalah Lumia 535 yang bermasalah silahkan menuju Nokia Care untuk klaim garansi atau mengecek versi perubahan hardware yang saat ini baru dirilis yaitu 0.5.0.0

      • Gondo Gonz

        Untuk masalah lumia 535 sudah terselesaikan ya mas?

        • Ambrizal Suryadinata

          Sudah kalau dibawa ke NCC

    • Bisa sih. Kelebihan Android memang dapat melakukan semua hal.
      Tapi mungkin karena saya terbiasa pakai WP sejak beralih dari Galnot dulu, ketika pakai Android lagi saya merasa kurang nyaman.
      Pertama dalam hal reliabilitas. Bukan rahasia Android keluaran 2012-an masih berkutat dengan masalah lag dan macet mendadak. Sekarang enggak separah dulu sih. Saya akui Android sudah berkembang.
      Kedua, dalam hal kepraktisan, saya terbiasa mengintip Live Tile untuk memeriksa apa yang perlu dikerjakan, ada panggilan masuk, atau ada pesan teks dan sebagainya. Ini sangat praktis dan menyenangkan untuk saya.
      Ketiga, kamera. WP memberikan keleluasaan dalam pengaturan kamera. Hal yang mungkin tidak ditemukan pada Android (sekali lagi keluaran 2012).

      Ketika waktu berlalu, saya jadi terlalu terbiasa memegang Windows dibandingkan Android. Meskipun memang Android telah banyak berkembang dan tidak lagi selambat dan gampang eror seperti dulu kala.

      • Agung

        Setuju sama bang Kiki, Live Tile memang “killing feature”-nya WP.

        Selain itu dulu pertama punya Lumia, ane pamerin Cortana ke temen2, buat Call, SMS, sama nanya2 pake natural language. Temen2 pada ngeriung (ngumpul) yang Android nyoba pake Google Now, yg iPhone pake Siri. Hasilnya mereka mengakui Cortana emang oke. Google Now kurang bisa pake bahasa ngobrol gan. Sekarang ane masih pake Cortana gan klo lagi nyetir trus pengen telpon bini “Cortana, call my wife on speaker phone”.

        Jangan lupa konsep People Hub di WP gan, itu teramat sangat sungguh keren..hehe.. Yang suka stalking mantan dari FBnya tinggal pasang di Live Tile tuh, ga usah buka FB segala…cieee..

        Trus yg amat produktif membantu sampe sekarang Here Drive+ dengan peta 3D nya yg keren, belakangan ada di Andro juga.

        Yang bikin bos di kantor ane ngiler gan, Office Remote sama Office Lens. Pake Office Remote presentasi ga usah pake asrot + laser pointer gan. Cukup pake Lumia seorang.

        Yang temen ane bilang kece, City Lens. Tinggal ngadepin smartphone, tambil apa yang ada di depan.

        Lumia Beamer juga keren gan.

        Dan Lumia Camera yang bikin ane jarang kephoto, karena disuruh moto terus pake L925 ane klo lagi ngumpul, maklum hasilnya kincliong. Belom lagi fitur Action Shot sama Motion Focus, bikin temen2 n ponakan ane bilang “kok bisa sih om”.

        Satu hal yang ane tangkep gan. Mungkin aplikasi di Andro juga akan berkembang gan, yang di Lumia mungkin juga bakal ada di Andro. Tapi di Lumia semua bawaan pabrik gan, bikinan Nokia/Microsoft. Klo di Andro rata2 bikinan 3rd party app. Yee ga :)

        • Rasshid

          Wakakak… Live tile itu konsep menarik dari Live Tile + Widget ya om

          • Agung

            Bener om..hehe

  • Ardiansyah Dian Al-Mahri

    Setuju gan,klo buat pendamping kerjaan os wp lebih baik daripada os tetangga….

  • Taufiqur Rahman

    Setuju

  • Hmm … Ga yakin juga sih Office bakalan selengkap versi desktop. Dari beberapa leak screnshoot, rasanya paling mentok cuma selengkap versi web. Tapi itu udah cukup sih buat basic editing. Tapi kalau mau formatting buku masih susah (buat bikin laporan KP, TA buat yang lagi kuliah misalnya). :3

    • Kalau buat dokumen begituan mah pake desktop / laptop om
      Kalau pake smartphone ribet tentunya, selain layarnya kecil…ngetiknya di keyboard touch juga repot..hihihihi

      • Ya iya lah. FYI, walaupun hanya cukup untuk basic editing, versi web juga sebenernya udah cukup lengkap. Bahkan gw lebih sering pake versi web daripada desktop buat kutak-katik dokumen penawaran maupun excel buat bikin itung-itungan … *secara di Windows ga punya Office dan di OSX Office 2011-nya lumayan berat* :3

        Gw cuma mau ngelurusin kalimat ini doang sebelum yang lain salah paham:
        “Belum lagi di Windows 10 Mobile nanti Office nya merupakan Universal Apps yang memiliki fitur selengkap Office Desktop.”

        Daripada ntar ngomel2 duluan katanya selengkap desktop ga taunya cuma selengkap web? :p

        Eh iya … Emang di smartphone ribet, tapi kan itu universal app, yang juga jalan di PC maupun tablet. Sapa tau ada yang nganggap versi touch dah cukup trus males install versi desktop, lalu ujung-ujungnya ngomel karena fitur kurang lengkap … :D~

        • Rasshid

          Word Preview yg di Store Beta emang gak selengkap di desktop biasa kok. Jadinya Ya bener juga sih wkwkwk

  • gak bisa corel dan photoshop akhirnya saya gak bisa kerja pake phone om :hammers

  • Nurcahya

    WP satu satunya OS dimana saya ngerasa anti mainstream, dan paling beda sendiri di kelas :v
    walo di kelas temen pada nyuruh “Main CoC dong” tapi ane males :v
    padahal pake Bluestack dan kawan kawan bisa :v
    walopun nanti di Windows 10 ada CoC ane tetep kaga mau main kayaknya :v mending Age Of Empire :v males sebenernya main game sejenis ini :v upgradenya lama :v

  • Onenote aplikasi paling penting buat saya. Catatan penting bisa langsung tersimpan di cloud.
    Game tidak banyak lah yg membuat kita produktif. Saya sudah instal 3 game….jarang banget dimainin…

  • Gondo

    Masalahnya saya gak pakai laptop mas. Klo pakai laptop bisa sharing wifi

  • Achmad Hr

    di lumia bisa ketemusegalanya ane dah jatuh cinta ama lumia

  • Masher

    L720 ane jg dipake sbg modem sdh hampir 1,5 tahunan. Sampai saat ini blm ada masalah sih kecuali LCDnya kadang byar pet wkwkwk..