via govtech

Saat ini beberapa negara di dunia sudah menyambut era komunikasi generasi lima atau 5G, di Inggris salah satunya. 5G yang kecepatannya cukup menjanjikan ini dicoba untuk dipakai laporan langsung di TV. Hasilnya?

Stasiun televisi BBC di Inggris baru ini melakukan siaran laporan langsung dengan menggunakan internet 5G yang baru dioperasikan secara komersil di Inggris. Hasilnya ternyata diluar dugaan kita.

Alih-alih siaran dapat diterima dengan baik, lancar ataupun dengan resolusi atau gambar yang bagus, tapi terjadi gangguan jaringan. Hal ini terjadi kala reporter BBC Clive Myrie tengah melaporkan peluncuran teknologi 5G di Inggris.

Baca Juga:

Bahkan mengakibatkan siaran sempat hanya memunculkan suara saja. Pada akhirnya, siaran pun langsung dipotong. Sang presenter pun meminta maaf.

“Saya harus mengganggu Anda karena 5G tidak berfungsi dengan baik,” ucap presenter BBC tersebut.

Penasaran bagaimana detik-detik jaringan 5G menggagalkan siaran langsung di TV ini? Ini dia videonya!

Hingga kini teknologi 5G baru tersedia di Korea Selatan, beberapa negara bagian di Amerika Serikat, dan Inggris. Tentunya nanti akan lebih banyak lagi negara-negara yang mengadopsi jaringan 5G ini.

Sedangkan di Indonesia, kita perlu lebih bersabar guys, karena 5G direncanakan akan tiba di Indonesia pada tahun 2022. Namun Menkominfo Rudiantara menyebut saat ini Indonesia belum perlu mengimplementasikan 5G, terlebih dengan teknologi ini membutuhkan biaya yang besar dan dibebankan ke konsumen.

Semoga saja bisa lebih cepat ya..

via BBC

  Xiaomi Baru Lawan Pixel Lama  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.