Home News Laptop dengan Prosesor Ini Tidak Bisa Update ke Windows 10 Terbaru

Laptop dengan Prosesor Ini Tidak Bisa Update ke Windows 10 Terbaru

Laptop dengan Prosesor Ini Tidak Bisa Lagi Diupdate ke Windows 10 Terbaru
images by Sarah Tew/CNET

Saat ini Windows 10 merupakan sebuah layanan, bukan sekedar software seperti di era Windows terdahulu. Jadi untuk bisa mendapatkan experience dan security terbaik, kamu harus terus melakukan update dan upgrade ke versi terbaru. Sayangnya jika kamu merupakan pengguna laptop / 2-in-1 yang memakai prosesor Intel Atom Clover Trail, sepertinya kamu tidak bisa lagi upgrade ke Windows 10 versi terbaru.

Banyak pengguna laptop dan 2-in-1 PC dengan prosesor Intel Atom Clover Trail melaporkan gagal upgrade ke Windows 10 Creators Update. Bahkan Acer secara resmi di halaman utamanya mengumumkan bahwa Windows 10 Creators Update tidak support dengan Intel Atom Clover Trail. Laptop yang terkena imbas adalah yang menggunakan prosesor Intel dengan seri:

  • Atom Z2760
  • Atom Z2520
  • Atom Z2560
  • Atom Z2580

Microsoft menjelaskan bahwa diblokirnya Windows 10 Creators Update dari laptop berprosesor Intel Clover Trail karena adanya masalah seperti tidak tampilnya interface Windows, atau bahkan tampilan yang error dengan block warna.

Mayoritas PC dengan Intel Clover Trail didominasi oleh 2-in-1 laptop di awal kemunculan Windows 8 dulu. Jadi sampai saat ini pengguna Laptop dengan prosesor Intel diatas hanya mentok sampai di Windows 10 Anniversary Update. Saat mencoba update ke Creators Update bakal muncul notifikasi error 0xC1900209 “Windows 10 is no longer supported on this PC. Uninstall this app now because it isn’t compatible with Windows 10.” — persis sesaat setelah proses download update selesai. (Baca juga: Daftar Kode Error yang Kemungkinan Bakal Kamu Temui di Creators Update)

Salah satu laptop populer yang kena efek ini adalah HP Envy X2, yang di awal perilisannya dulu dibandrol dengan harga 9.3 jutaan rupiah.

Belum ada kejelasan apakah laptop dengan prosesor Intel Clover Trail ini bisa diupgrade ke Windows 10 Fall Creators Update yang akan dirilis beberapa bulan lagi. Tetapi tentu bagaimana perkembangannya akan WinPoin kabarkan disini. WinPoin sih berharap semua laptop tersebut bisa upgrade ke Fall Creators Update, mengingat usianya yang masih baru tiga atau empat tahun saja sejak perilisannya. (Baca juga: Microsoft Resmi Memperkenalkan Windows 10 Fall Creators Update)

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.