Huawei baru baru ini mulai menjual laptop dengan Linux Pra Instal, hal ini terjadi setelah beberapa waktu lalu Huawei ditambahkan ke daftar entitas pemerintah Amerika Serikat dan tidak lagi diizinkan untuk menggunakan Windows pada perangkat baru mereka.

Baca Juga : Huawei Ban: Bagaimana Nasib Pengguna Laptop Windows Huawei?

Sanksi pertengahan mei lalu, telah memaksa salah satu raksasa teknologi china ini untuk mencari alternatif lain, dan linux tentunya menjadi pilihan pertamanya. Selain itu dikabarkan juga bahwa Huawei telah bekerja dengan keras untuk sistem operasinya sendiri yang disebut HongMeng, Proyek ini akhirnya berubah menjadi platform untuk perangkat IoT, tetapi dapat dengan mudah dikonversi ke ponsel dan desktop jika diperlukan.

Memilih linux, tampaknya menjadi pilihan Huawei dalam jangka pendek, dan dengan demikian Huawei meluncurkan perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi linux dipasar induknya.

Huawei saat ini menjual Matebook 13 , Matebook 14, dan Matebook X Pro di VMALL , pasar e-commerce Huawei di Cina, dengan Deepin Linux telah yang telah diinstal sebelumnya. Deepin sendiri merupakan distribusi domestik-Cina, dengan lingkungan desktop mereka sendiri.

Penurunan Harga

Huawei juga memberikan penghematan kepada konsumen, dengan model Matebook 13 dan 14 yang menerima potongan harga 300 yuan atau sekitar ($ 42 USD), meskipun versi Linux dari MateBook X Pro terdaftar dengan harga 600 yuan ($ 84) lebih tinggi. 

Terkait masalah Sistem Operasi Windows 10, ada kemungkinan bahwa Huawei dapat kehilangan kemampuan untuk membeli lisensi Windows dari Microsoft karena penempatan mereka pada “daftar entitas,” yang membatasi perusahaan yang berurusan dengan teknologi asal AS untuk melakukan bisnis dengan Huawei, yang merupakan daftar hitam yang efektif oleh pemerintah AS.

Yang penting untuk diketahui adalah laptop Huawei yang didukung Linux hanya tersedia di China untuk saat ini, dan belum diketahui apakah Huawei ingin melakukan pendekatan yang sama di pasar internasional juga.

Sumber : Techrepublic, News Softpedia

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.