Seperti yang kita ketahui, beberapa hari lalu, Microsoft memberikan sebuah update KB4515384 bagi pengguna Windows 10 1903, dalam awal perilisannnya, Microsoft mengakui dan mengatakan bahwa update ini tidak membawa masalah yang ditemukan, seperti kebanyakan update yang mereka rilis, sungguh membuatku tidak percaya.

Tepat 2 hari setelahnya, saya mencoba mencari cari informasi mengenai masalah dari Update yang dikatakan Microsoft “tanpa masalah” ini, namun kamu bisa baca kembali pada artikel Beberapa Laporan Masalah di Windows Update KB4515384?!, yap Microsoft salah.

Untuk update ini sendiri, berdasarkan Halaman Resmi Microsoft, update ini hanya terdiri dari tiga perubahan besar, yaitu update keamanan khas yang diluncurkan pada Patch Tuesday seperti biasa, lalu mitigasi lebih lanjut terhadap kerentanan speculative execution side-channel, dan perbaikan untuk bug yang menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi dari SearchUI. proses exe.

Pada pandangan pertama memang tampak update ini membawa beberapa kabar baik dan menyenangkan, karena beberapa perbaikan telah ditambahkan pada update ini, Winpoin juga sempat menulis artikel Microsoft Merilis Cumulative Update untuk Beberapa Versi Windows 10. Namun hari demi hari, makin banyak saja laporan bahwa update ini justru membawa efek buruk bagi pengguna Windows 10, dan sekarang update kumulatif KB4515384 hadir dengan daftar masalah yang terus meningkat guys, dan dari segi berbagai hal, pengguna terus menemukan masalah baru setiap harinya.

Untuk saat ini, terkait beberapa masalah yang dilaporkan, Microsoft belum mengakui semuanya, tetapi kawan kawan, semakin kita menunggu, semakin banyak kita mengetahui tentang hal-hal yang tidak lagi berfungsi dengan benar setelah menginstal update ini.

Bahkan banyak juga yang berkomentar didalam artikel Beberapa Laporan Masalah di Windows Update KB4515384?!, dan mendapati masalah uniknya masing masing setelah menginstal update ini.

Pengakuan Microsoft?

Di sisi lain, Microsoft telah mengkonfirmasi beberapa kesalahan berbeda yang bisa kamu temui setelah menginstal update ini guys.

Pertama, Input Method Editor (IME) dapat menjadi tidak responsif dan menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi, sementara pada beberapa perangkat, menu Start dan Windows Desktop Search mungkin gagal diluncurkan. Masalah terakhir ini sebenarnya merupakan yang paling banyak menyerang perangkat. Untuk masalah ini Microsoft mengatakan sedang menyelidiki masalah Start Menu, tetapi perbaikan belum tersedia untuk saat ini.

Kemudian, audio didalam game menjadi silent atau berbeda dari yang diharapkan, kata Microsoft, dan ini semua karena update kumulatif disertai dengan perubahan yang diminta oleh mitra Microsoft. Yap untuk init Microsoft telah mengembalikan perubahan ini dan mengatakan perbaikan penuh sedang berlangsung.

Itu baru masalah yang sudah diakui Microsoft loh, belum lagi masalah masalah lain. Memang sih konfigurasi perangkat keras (hardware) memiliki peran penting terhadap beberapa masalah, karena mungkin saja ada beberapa hardware yang tidak kompitable setelah menginstal update ini guys.

Jika kamu seorang pengguna Windows 10 1903, menginstal update kumulatif ini menjadi hal yang beresiko terutama jika kamu memiliki perangkat yang lawas, dan dari segi berbagai hal, Microsoft masih mengalami kesulitan untuk memperbaiki setiap masalahnya. Jadi mendapatkan update yang berkualitas saat ini masih hanya sebagai impian saja.

Windows 10 Beta Forever!

Yap sudah sering saya mendengar kata kata ini, terutama dari komentar para pembaca Winpoin, hampir semuanya merasa bahwa perkembangan Windows 10 ini semakin lama kok jadi gini ya? ” More Update More BUGS “, ucap salah satu pembaca Winpoin pada artikel Microsoft Akui Masalah Wi-Fi Pada Windows 10 1903!.

Menurut saya sendiri, perkembangan Windows 10 itu justru semakin merosot saja, memang sih beberapa fitur baru yang diberikan sudah sangat bermanfaat dan membantu sekali dalam kehidupan sehari hari, contohnya Timeline, dan Clipboard History, namun percuma aja kan, jika ada fitur yang berguna, namun dari system itu sendiri masih ada yang bermasalah. Saya rasa, semua ini bermula semejak Microsoft mengubah Windows 10 menjadi layanan “Windows as Service”, jika dibandingkan dengan Windows 7, wah jauh banget deh perbedaannya, memang dari fitur Windows 7 itu lambat mendapatkan update, namun dari sisi kestabilan, dan performa masih jauh diatas Windows 10.

Fakta : Windows 7 dirilis 22 Juli 2009, 22 Februari 2011 Windows 7 Service Pack 1 baru dirilis. (bandingkan dengen perkembangan Windows 10).

Yah, Windows 10 memang saat ini terkenal dengan beberapa masalahnya yang menjengkelkan sebagian pengguna, namun tentu saja, kita sebagai customer dari Windows 10, hanya mampu berharap bahwa perkembangan Windows 10 akan semakin baik kedepannya, dan semoga saja pada saat perilisan Windows 10 20H1 nanti, Windows 10 tidak akan banyak mengalami masalah seperti sekarang.

Nah gimana menurutmu? apakah setelah update KB4515384 perangkat kamu masih normal seperti biasa? mengenai perkembangan Windows 10, opini kamu seperti apa? share dibawah guys.