Home News Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality (6.7 Jutaan)

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality (6.7 Jutaan)

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality Didalamnya (6.7 Jutaan)

Tidak ada yang menyangsikan kecanggihan dari Microsoft HoloLens, kacamata augmented reality canggih yang menyatukan hologram dengan dunia nyata di sekeliling kita. (Baca juga: Masa Depan Sudah Disini, Inilah Microsoft HoloLens yang Super Canggih!)

Memakainya terasa begitu nyata, seolah obyek hologram didalamnya benar-benar ada.

Namun sayang harganya memang terbilang mahal. Untuk saat ini saja developer kit dari HoloLens dibandrol harga tidak kurang dari $3000 atau sekitar 40 juta rupiah. (Baca juga: Pre-Order Microsoft Hololens Development Edition Dibuka)

Harga yang sebenarnya sangat sesuai dengan fitur dan kecanggihannya, meskipun masih tergolong mahal bagi sebagian orang.

Hal inilah yang ingin dipecahkan Google dengan mengembangkan Project Tango, sebuah upaya menghadirkan Augmented Reality ke tablet dan smartphone.

Dari indikasinya, nampaknya mereka menyasar market konsumer dengan memberikan experience augmented reality, yang mungkin memang tidak secanggih HoloLens, namun harganya bisa dijangkau oleh banyak konsumen.

 

Perkenalkan, Lenovo Phab 2 Pro

Hari ini Lenovo memperkenalkan Lenovo Phab 2 Pro yang mereka klaim sebagai smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan fitur Augmented Reality.

Menggunakannya memang tidak akan begitu nyata seperti saat memakai kacamata HoloLens, karena faktanya kamu hanya melihat layar smartphone saja, bukan keseluruhan area seperti saat menggunakan HoloLens.

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality Didalamnya (6.7 Jutaan)

Namun secara fitur, Augmented Reality di Lenovo Phab 2 Pro ini bekerja mirip dengan HoLolens.

Kamu bisa mengambil proyeksi ruangan dengan kamera yang dimilikinya, lalu memunculkan obyek hologram yang seolah berada di ruangan tersebut secara nyata.

 

Spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality Didalamnya (6.7 Jutaan)

Mampu berfungsi sebagai Augmented Reality untuk memunculkan hologram di ruangan sekitar membuat smartphone ini perlu memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Namun ternyata setelah dilihat lebih dalam, Spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro ini tidak terlalu wah juga.

Processornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 652 dengan 4GB RAM, GPU Adreno 510, plus dukungan internal storage 64GB.

Kamera memang menjadi hal yang penting bagi augmented reality, sehingga sensor 16MP disematkan di kamera bagian belakang dan 8MP di bagian depan.

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality Didalamnya (6.7 Jutaan)

Untuk ukuran layar memang cukup besar yaitu IPS Display 6.4 inch dengan resolusi 1440 x 2560 px. Bisa dimaklumi, karena memakai layar kecil kurang begitu asik untuk menikmati sensasi Augmented Reality.

Di atas kertas, spesifikasi Lenovo Phab 2 Pro masih dibawah flagship Windows 10 Mobile VAIO Phone Pro yang dilengkapi processor Snapdragon 821 dan 6GB RAM.

Namun fitur augmented reality yang dimilikinya memang membuat Lenovo Phab 2 Pro jadi cukup menggoda.

 

Harga Lenovo Phab 2 Pro

Lenovo Phab 2 Pro: Smartphone Pertama dengan Augmented Reality Didalamnya (6.7 Jutaan)

Rencananya smartphone ini bakal dibandrol harga sekitar 6.7 jutaan. Terbilang murah jika melihat fitur Augmented Reality yang dimilikinya serta statusnya sebagai smartphone pertama yang dilengkapi fitur tersebut.

Setidaknya smartphone ini bisa menjadi solusi dari siapapun yang ingin merasakan sensasi augmented reality tanpa harus merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah.

Lenovo Phab2 Pro baru tersedia di pasaran mulai bulan September tahun ini.

 

Potensi Augmented Reality di Windows 10 Mobile

HoloLens bisa dibilang merupakan Augmented Reality paling canggih saat ini, dan device ini berjalan dengan core Windows 10.

Aplikasi HoloLens juga merupakan UWP yang diharapkan bisa berjalan di semua platform termasuk juga Windows 10 Mobile.

Jadi secara teori sebenarnya Windows 10 Mobile juga memiliki potensi yang sama untuk dijadikan platform smartphone Augmented Reality.

Namun apakah kedepannya Microsoft bakal menghadirkan kecanggihan Augmented Reality HoloLens ke Windows 10 Mobile..??

Bisa jadi iya, bisa jadi tidak. Tergantung apakah kalangan bisnis dan enterprise memerlukannya, karena untuk saat ini Windows 10 Mobile nampaknya lebih difokuskan untuk meningkatkan produktivitas bagi kalangan bisnis.

Tetapi jika mau, tentu tidak sulit bagi Microsoft yang merupakan pengembang HoloLens untuk menghadirkan Augmented Reality di smartphone berbasis Windows 10 Mobile buatan mereka.

NB: Buat kamu yang masih pake Windows Phone 8.1, coba deh aplikasi Blippar. Apps ini nampaknya bisa menghadirkan experience Augmented Reality ke WP 8.1 smartphone. Sayangnya Blippar tidak lagi bisa digunakan di Windows 10 Mobile, jadi saya tidak bisa mencobanya secara langsung. Namun kalo kamu bisa mencobanya, silahkan ceritakan experience kamu disini.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.