Blunder tidak hanya terjadi dalam sepak bola, namun dalam marketing blunder juga sering terjadi. Seperti yang baru saja dilakukan oleh HTC saat memamerkan HTC One M9 Berlapis Emas 24 karat, sebuah smartphone edisi terbatas yang dirilis untuk menyambut UEFA Champion League.

Di smartphone emas bertuliskan FC Barcelona V Juventus tersebut HTC memamerkan bagaimana kemewahan dan kinclongnya HTC One M9 special edition itu. Namun satu hal yang tidak disadari oleh team HTC adalah, refleksi emas tersebut menunjukkan bahwa team marketing HTC sendiri ternyata tidak menggunakan smartphone HTC, melainkan menggunakan iPhone 6 saat mengambil fotonya.

Marketing Blunder: HTC Pamer One M9 Berlapis Emas 24 Karat, Tetapi Difoto dengan iPhone 6

 

Nah loh…memamerkan kemegahan HTC One M9 tetapi menggunakan iPhone 6 untuk mengambil fotonya. Woops…

Marketing Blunder: HTC Pamer One M9 Berlapis Emas 24 Karat, Tetapi Difoto dengan iPhone 6

 

Menyadari blunder ini diketahui banyak orang, HTC langsung menghapus foto tersebut dan menggantinya dengan foto yang baru yang tidak menampilkan refleksi iPhone 6 di belakangnya.

Duh…gara-gara begitu kinclongnya emas 24 karat itu, jadi ada karyawan marketing HTC yang saat ini mungkin sedang kena semprot sama pak bos.

 

HTC sendiri bukan satu-satunya perusahaan yang pernah melakukan marketing blunder. Microsoft pernah melakukannya ketika Oprah mempromosikan tablet Surface di Twitter menggunakan iPad, dan Nokia pernah mempromosikan teknologi kamera PureView Lumia 920 yang ternyata dari refleksi kaca mobil yang terlihat adalah kamera DSLR.

Well..setidaknya pengalaman ini menjadi pelajaran bagi semua team marketing untuk berhati-hati dalam mempromosikan produk, khususnya team marketing perusahaan besar. Satu kelalaian kecil bisa berakibat fatal bagi brand yang diusungnya.

via venturebeat

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.