via Oath

Apakah kamu menggunakan AOL Instant Messenger? Layanan pesan instan ini akan segera ditutup oleh AOL dalam waktu dekat ini. Kapan kah?

Layanan pesan instan yang populer pada masanya ini akan ditutup AOL pada 15 Desember mendatang. Sebelumnya AOL lebih dulu telah menutup akses AOL Instant Messaging atau AIM pada aplikasi pihak ketiga pada Maret 2017 lalu.

“AIM memanfaatkan teknologi digital baru dan memicu perubahan budaya, namun cara kita berkomunikasi satu sama lain sudah sangat berubah,” kata Michael Albers, VP Communications Product Oath.

Oath sendiri adalah perusahaan dibalik AOL yang dimiliki oleh Verizon, sebuah operator telekomunikasi asal Amerika Serikat.

AOL nampak menyadari bahwa saat ini cara seseorang komunikasi sangat berbeda dengan era 90-an atau 2000-an awal.

Layanan pesan instan seperti WhatsApp, BBM, maupun Line yang kini banyak digunakan orang telah menggerus layanan pesan instan yang berbasis desktop seperi AIM. Alasannya, kemudahan akses dan fitur yang lebih beragam.

Layanan ini juga kian terkikis setelah munculnya sosial media yang mengubah cara komunikasi seperti Facebook, Twitter, hingga Snapchat.

AIM lahir pada 1997 dan merupakan salah satu layanan pesan instan yang banyak digunakan orang pada era Internet sedang tumbuh-tumbuhnya di tahun 1990-an dan 2000-an. Bisa jadi, buat kamu yang telah menyentuh Internet pada era ini pernah menggunakannya.

Selain AIM, ada dua layanan pesan instan yang populer pada zamannya yang kini telah ditutup. Mereka adalah MSN Messenger dari Microsoft yang ditutup 2013, serta Yahoo Messenger pada tahun 2016 yang kemudian dirilis kembali dengan nama yang sama.

Adakah diantara kamu yang punya kenangan dengan AIM? Share kenangan kamu di kolom komentar.

via The Verge, AIM

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.