Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, Microsoft akhirnya memutuskan dukungan Internet Explorer pada edisi Windows 10 20H2 atau yang lebih baru, serta pada Windows 10 IoT 20H2 atau yang lebih baru, dimana mulai dari tanggal 15 Juni 2022 nanti, kedua edisi Windows 10 tersebut sudah tidak akan lagi mendapatkan pembaruan apapun untuk Internet Explorer, termasuk perbaikan keamanan dan perbaikan bug yang mungkin saja telah ditemukan.

Dengan adanya pengumuman tersebut, tentu dapat dikatakan bahwa untuk Windows 10 Semi Annual Channel, Internet Explorer sudah lagi bukan menjadi bagian dari system, karena cepat atau lambat, semuanya akan diakhiri, termasuk penghapusan aplikasi dari dalam system.

Lalu, apakah yang akan terjadi jika seandainya Internet Explorer dihilangkan dari system Windows 10?, mengingat hal ini juga berkaitan dengan rencana Microsoft yang akan sepenuhnya menghapus Internet Explorer di Windows 10 dimasa mendatang.

Menjawab pertanyaan tersebut, tentunya ini bukanlah sebuah masalah, karena bagaimanapun seandainya ada website yang memang membutuhkan untuk dibuka dengan Internet Explorer, bagi para pengguna Windows 10 yang sudah memiliki Microsoft Edge Chromium, pengguna bisa memanfaatkan dukungan Internet Explorer Mode pada browser tersebut.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Mode Internet Explorer di Microsoft Edge Chromium

Selain itu, bahkan dengan adanya Internet Explorer yang mana saat ini masih preinstalled dengan system Windows 10, pengguna sudah tidak bisa lagi mengakses kebanyakan website didunia maya, misalkan saja Facebook atau Youtube, karena seandainya pengguna buka dengan Internet Explorer, system akan langsung mengarahkannya untuk dibuka di Microsoft Edge Chromium yang memang sudah preinstalled dengan versi Windows 10 saat ini.

Baca Juga : Microsoft Mulai Paksa Alihkan Pengguna dari Internet Explorer ke Microsoft Edge

Selain itu ada satu hal yang perlu diingat mengenai hal ini, dimana pemberhentian dukungan Internet Explorer ini sekali lagi tidak berlaku untuk seluruh system operasi Windows, karena seperti yang telah Microsoft jelaskan, untuk sejumlah versi Windows, termasuk Windows 10 LTSC, Internet Explorer masih mendapatkan dukungan penuh, setidaknya sampai dukungan versi Windows tersebut habis.

“Microsoft recommends all users to switch from Internet Explorer before June 15, 2021. On that day, Microsoft will stop providing updates for the classic browser. Still, the company will keep Internet Explorer in the LTSC channel”

Nah, jika kamu adalah pengguna Internet Explorer, segeralah pindah ke browser yang lebih moderen, seandainya Internet Explorer masih dibutuhkan, silahkan manfaatkan fitur Internet Explorer Mode yang hadir di Microsoft Edge Chromium.

Ngomong ngomong apakah kamu masih menggunakan Internet Explorer? komen dibawah guys.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.