Windows 10 2004 atau biasa disebut dengan Windows 10 20H1 saat ini memang masih berada di Insider Slow Ring, dengan sedikit keberanian saya mencoba Windows 10 ini selama kurang lebih 72 Jam untuk pemakaian sehari hari, dan berikut adalah ulasan singkat saya mengenai Windows 10 2004.

Metode Instalasi

Untuk metode instalasinya sama seperti instalasi upgrade pada umumnya, kita hanya perlu menggunakan akun Windows Insider untuk mendownload dan menginstalnya,

Sebenarnya dalam satu hari yang sama, saya dua kali melakukan upgrade namun dikarenakan yang pertama gagal karena ternyata malah ngebug, auto expand start menunya jadi kacau, saya rollback ke Windows 10 1909 dan upgrade ulang.

Untuk instalasi kedua kalinya kebetulan saya rekam dan kawan kawan bisa melihatnya pada video dibawah ini.

Pada instalasi kedua ini entah kenapa bug start menu hilang dan kini sudah tidak ada. Dan sekarang Windows 10 saya berada di versi 2004 build 19041.153.

Fitur Yang Paling Saya Suka

Dari beberapa fitur yang hadir di Windows 10 2004, ada beberapa fitur baru yang menjadi favorit saya, diantaranya adalah:

Baca Juga : Daftar Fitur Baru di Windows 10 20H1 (2004)

1#. Rename Virtual Desktop

Nah mulai Windows 10 2004 atau 20H1, kita bisa memberikan label sesuai keinginan kita pada virtual desktop yang sedang kamu buka.

Saya suka fitur ini, karena jika sudah banyak banget Window yang dibuka, memisahkan setiap Window perkategori dengan Virtual Desktop akan benar benar membantu produktifitas.

2#. Icon Baru Lebih Lengkap

Untuk Windows 10 2004 beberapa aplikasi sudah mendapatkan icon baru, diantaranya adalah Calculator, Photos, People, Video Editor, Voice Recoder dan lainnya.

3#. Windows Subsystem For Linux 2

Nah ini yang paling saya suka, dulu WSL itu lambat banget dalam proses tertentu, misalkan saja seperti instalasi software atau upgrade system, namun sekarang performanya bisa dibilang sama dengan Linux Elementary OS yang biasa saya gunakan juga.

Performa dan Stabilitas System

Nah ini yang paling penting nih, untuk performa Windows 10 2004 build 19041. 153 ini, selama saya gunakan ada sedikit peningkatan meski hanya sedikit namun ketika melakukan login ke Desktop sekarang terasa 1 – 2 detik lebih cepat, selain itu ketahanan battery juga saya rasa ada sedikit peningkatan juga.

Selain itu untuk stabilitas system, jika harus saya hitung dari persentase mungkin sekitar 90% stabil, untuk pemakaian sehari hari saya seperti nonton anime, kerja, nulis, dan lainya, saya rasa semua berjalan normal. Namun saya sarankan mungkin untuk kamu yang tertarik menginstal versi Insider Slow Ring ini sebaiknya kamu membuat New Account atau melakukan Clean Install agar fitur dan aplikasi UWP yang sudah kamu modif, ubah dan hapus bisa kembali seperti semula.

Baca Juga : Microsoft Rilis Windows 10 Insider Preview Build 19041.153 Untuk Pengguna Insider Slow Ring

Kesimpulan

Saya akui bahwa Windows 10 2004 sampai saat ini sudah stabil berdasarkan pengalaman saya menggunakannya selama 3 hari ini, namun tentu saja dikarenakan masih berstatus insider slow ring, masih ada beberapa bug yang mungkin akan terasa, seperti yang saya alami sebelumnya ketika instalasi pertama kali.

Nah untuk kamu yang ingin menginstalnya karena tidak sabar dengan fitur baru yang diberikannya sebaiknya tunggu setidaknya sampai Windows 10 2004 ini dirilis ke Insider Release Preview, karena mungkin kamu akan mengalami masalah unik yang bisa saja terjadi pada perangkat kamu. Tapi untuk cari aman, sebaiknya kamu tunggu sampai Windows 10 2004 ini dirilis versi finalnya dan tunggu sekitar 1 – 2 minggu sampai laporan bug dan lainnya muncul, jika seandainya aman, langsung saja hajar dan upgrade.

Nah sekian sedikit ulasan singkat saya selama menggunakan Windows 10 2004, bagi kamu yang sudah mencobanya silahkan berikan pendapat dan opinimu mengenai versi ini dikolom komentar dibawah.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.