Home Editorial Mengenal Fabula Design yang Fabulous di Lumia

Mengenal Fabula Design yang Fabulous di Lumia

Sebelum kita mulai, coba perhatikan jajaran lumia berikut, apa persamaannya?

Yap, desain! Inilah desain khas dari nokia yang dikenal dengan nama ‘Fabula’ atau biasa disebut ‘Fabula Design’. Desain melengkung di sisi kanan dan kiri, namun tegas di bagian atas dan bawah, dengan layar yang sedikit cembung.

Bisa dibilang fabula ini termasuk salah satu dari sedikit desain smartphone yang everlasting, atau selalu terlihat indah meskipun dipakai berulang-ulang.

Berikut 3 hal yang bisa kalian ketahui mengenai desain Fabula :

1 Fabula sendiri sejatinya bukan memiliki arti fabulous atau menakjubkan, namun berarti ‘sebuah cerita’. Karena Fabula desain inilah yang mengawali sejarah lumia hingga sekarang ini. Lumia bersejarah itu tak lain adalah Lumia 800.

Mengenal Fabula Design yang Fabulous di Lumia

2 Desain Fabula pertama kali digunakan pada nokia N9 yang mengusung OS meego. Ketika dikenalkan, desain ini mendapat pujian yang luar biasa dari berbagai pihak.

Fabula N9

Semua bagian desain smartphone ini mengeluarkan kesan elegan dan harmonis.”–the Verge

 

“Cinta pada pandangan pertama, kau tidak akan pernah melihat yang seperti ini.” –engadget

3 Fabula awalnya termasuk desain untuk produk high end. Lihat saja, lumia yang menggunakan desain ini antara lain lumia 800 (lumia pertama), lumia 900 dan lumia 920. Hingga muncul lumia 730/735 yang termasuk mid end.

Fabula 730 v2

Itulah 3 hal yang bisa kamu ketahui dari desain Fabula di Lumia ketika masih era Nokia.

Setelah Lumia dipegang oleh Microsoft, berbagai desain terbaru Lumia mulai meninggalkan konsep fabula ini.

Apakah microsoft kelak akan menggunakan desain fabula ini lagi? Atau membuat desain baru yang khas dengan bahan magnesium melalui surface phone? (baca: Surface Phone dengan Processor Intel Bakal Hadir Tahun 2016 Nanti?)

Dan manakah yang menurut kamu lebih bagus, Lumia dengan desain fabula di era Nokia ataukah Lumia dengan desain saat ini ketika dipegang Microsoft?

Bagikan pendapat kamu disini.

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.