Surface Phone dengan Processor Intel Bakal Hadir Tahun 2016 Nanti?

Lumia 950 dan 950 XL merupakan flagship Windows 10 Mobile paling gress dan paling high-end saat ini, namun rupanya device ini bukanlah device “ultimate” yang ditunggu-tunggu Microsoft untuk dirilis. (Baca juga: Pre-Order Lumia 950 Indonesia Sudah Dibuka dengan Harga 9 Juta Rupiah)

Jadi jangan heran jika kemunculan Lumia 950 dan 950 XL tidak begitu dipromokan gila-gilaan melalui TV, Billboard, dan berbagai channel advertising lainnya.

The real ultimate Windows 10 Mobile device yang dikabarkan bakal dirilis Microsoft adalah Surface Phone, yang kabarnya bakal muncul ke publik di akhir tahun 2016 nanti. Device inilah yang mungkin bakal diiklankan dan dipasarkan oleh Microsoft dengan gencar.

 

Bernama Surface Phone?

Secara internal saat ini Surface Phone masih dalam tahap pengembangan, kemungkinan masih dalam tahap research desain, hardware, dan fitur.

Sebenarnya belum ada yang menyebutkan bahwa nama nya adalah Surface Phone, tetapi karena secara internal sering disebut sebagai Panos Phone, yang diambil dari nama Panos Panay yang menjadi tokoh dibalik pengembangan Surface Pro dan Surface Book, maka kemungkinan besar smartphone ini bakal menjadi Surface Phone.

Sebenarnya untuk codename nya sendiri kabarnya bakal bernama NorthStar.

 

Intel Ikut Terjun di Pengembangan

Di pengembangan Surface Phone ini intel turut terjun secara langsung. Sepertinya Intel bakal berada di balik pengembangan chipset yang akan menjadi otak dari Surface Phone.

Chipset ini dikatakan bakal lebih powerful daripada Qualcomm Snapdragon yang tengah bersinar di berbagai smartphone modern saat ini.

Ikutnya Intel di pengembangan Surface Phone juga memunculkan dugaan akan dibuatnya smartphone berbasis x86 processor layaknya yang biasa digunakan di PC, sehingga tidak hanya bisa menjalankan Windows Store Apps, tetapi juga software Win32.

Tetapi tentu bakal ada banyak masalah teknis yang bakal dihadapi Intel dan Microsoft jika benar-benar ingin menghadirkannya ke publik.

 

Dirilis Akhir 2016?

Bukan tidak mungkin jika Surface Phone ini bakal dirilis, atau setidaknya diperkenalkan ke publik bersamaan dengan perilisan update mayor Windows 10 Redstone.

Windows 10 Redstone dikabarkan bakal membawa peningkatan fitur di Continuum, serta mengintegrasikan Windows 10 Mobile lebih erat lagi dengan Windows 10 PC. Jadi ini merupakan waktu yang tepat juga bagi perilisan atau perkenalan Surface Phone ke publik.

 

Menciptakan Kategori Device Baru

Sadar akan beratnya bersaing dengan iOS dan Android, Microsoft sepertinya berusaha menciptakan kategori device baru melalui Surface Phone ini.

Sama seperti Surface Pro dan Surface Book yang juga menjadi kategori baru dalam bentuk device hybrid, Surface Phone bisa jadi bakal muncul sebagai kategori baru dalam dunia smartphone.

Mungkin saja dia bakal dibekali processor dan spesifikasi powerful, sehingga bakal menjadi smartphone ketika digenggam, tetapi langsung menjadi PC powerful yang mampu menjalankan Win32 apps saat ditancapkan ke layar melalui fitur Continuum.

 

Ada banyak sekali kemungkinan, tetapi sebelum ada leaked yang lebih detail ataupun pengumuman official, pandang saja informasi ini sebagai rumor.

Bagaimana tanggapan kamu dengan rumor ini, seperti apa prediksi kamu terhadap kehadiran Surface Phone di akhir tahun 2016 nanti?

Bagikan pendapat kamu disini

via windowscentral

  Tips Terbaik Gimbal Smartphone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.