Mungkin tidak banyak orang tahu, bahwa Mozilla sendiri memiliki sebuah browser versi LTSC yang bernama Firefox ESR atau kepanjangan dari Extended Support Release. Lalu apa sih Firefox ESR ini? mari kita bahas lebih dalam guys.

Apa itu Firefox ESR?

Nah seperti browser modern lain kayak Google Chrome, Microsoft Edge atau Chromium browser lainnya, Firefox juga mendapatkan pembaruan versi secara berkala, setidaknya ketika artikel ini ditulis, versi Firefox sudah mendapai versi 99, dan seperti siklus pembaruan pada umumnya, pada versi terbaru pastinya akan ada celah keamanan yang ditutup, bug yang diperbaiki, dan tidak menutup kemungkinan ada juga fitur yang dimatikan karena memang obsolete, diganti dengan fitur baru, atau mungkin karena memang beresiko pada keamanan browser itu sendiri.

Nah seperti yang kita tahu juga, selain pengguna umum, masih banyak pengguna yang menginginkan kestabilan pada browsernya, sama seperti para pengguna Windows 10 yang memilih versi LTSC atau pengguna Linux yang juga memilih versi LTS, pengguna Firefox juga ingin mendapatkan kestabilan dibandingkan fitur baru yang biasanya diutamakan, dan untuk hal itu, Firefox akhirnya menghadirkan Firefox ESR yang mana versi ini tidak diperbarui dengan fitur-fitur baru seperti pada browser Mozilla Firefox standar melainkan tetap terus diperbarui dengan perbaikan pada keamanan, bug yang ditemukan dan stabilitas yang dianggap sangat penting.

Dengan kata lain, versi ESR ini menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang ingin browser Firefox Stabil dengan fitur yang tidak terlalu baru baru amat.

Perbandingan Versi ESR vs Standar

Ketika Firefox biasa sudah mencapai versi 99, maka saat ini Firefox ESR baru mencapai versi 91, tentu fitur yang dihadirkan sejak Firefox 92 – 99 belum dapat kamu coba dan gunakan di versi Firefox ESR, karena memang belum tersedia, namun jika kamu membandingan kestabilan, maka Firefox ESR mendapatkan nilai plus.

Hal ini karena Firefox ESR tidak mendapatkan pembaruan fitur sejak versi 91 sehingga dengan itu menjadikan adanya kemungkinan bug karena fitur baru tersebut menjadi sangat kecil sekali. Selain itu pembaruan keamanan dan perbaikan bug lebih diutamankan di versi ESR sehingga menjadikan versi ini sangat stabil.

Pengalaman Penggunaan

Selama kurang lebih satu minggu lebih ini saya menggunakan Firefox ESR untuk keperluan menulis, bersosial media, menonton Youtube, Anime, Film Bajakan, dan Film por maksud saya mengerjakan tugas, rasanya menggunakan Firefox ESR tidak jauh berbeda ketika menggunakan Firefox browser biasa, karena memang berdasarkan pengalaman saya, tidak ada perbedaan mencolok dari Firefox ESR dan Firefox biasa, kecuali perbedaan fitur yang ada didalam browser ini sendiri.

Untuk kestabilan, memang Firefox ESR ini dijanjikan kestabilan yang lebih baik dengan dukungan yang lebih lama, namun dari apa yang saya rasakan, baik menggunakan Firefox biasa dan Firefox ESR hampir tidak ada bedanya.

Untuk Siapa Firefox ESR?

Jawabannya adalah untuk para pengguna yang memang tidak terlalu suka dengan perubahan pada Firefox modern, apalagi sebentar lagi Firefox 100 akan dirilis, dan jika kamu tidak suka, maka menggunakan Firefox ESR akan sangat direkomendasikan.

Selain itu untuk kamu para pengguna browser yang ingin mendapatkan kestabilan lebih tinggi dan dukungan update yang hanya berisi update keamanan dan perbaikan saja, menggunakan Firefox ESR ini akan sangat bijak sekali, apalagi jika Firefox ESR disandingkan dengan Linux LTS atau Windows 10 LTSC misalnya.

Nah intinya jika kamu ingin menggunakan Firefox versi LTS maka, menggunakna Firefox ESR ini adalah solusi terbaik yang bisa kamu coba.

Apakah kamu pengguna Firefox ESR juga? bagaimana menurutmu mengenai browser ini? komen dibawah guys.

Kamu bisa mendownload Firefox ESR pada halaman berikut.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.