Jika diingat kembali, tahun 2018 lalu kita pernah mendapatkan Giveaway EaseUS Partition Master Professional yang bahkan WinPoin via mas Febian pernah menuliskan artikelnya sendiri pada halaman berikut.

Nah waktu terus berlalu, saya bergabung dengan WinPoin dan hingga saat ini saya masih memiliki aplikasi Giveaway tersebut, lebih tepatnya aplikasi EaseUS Partition Master 11, dan menariknya nih kawan kawan, selain dilengkapi dengan fitur Disk Management untuk keperluan dan kebutuhan dasar dalam mengelola partisi, aplikasi EaseUS Partition Master 11 ini juga memiliki fitur Clean and Optimization yang hingga saat ini sering saya gunakan untuk menghapus Junk files.

Jika kamu kebetulan memiliki aplikasi yang sama, atau bahkan versi yang sama, kamu juga bisa menggunakan fitur ini dengan sangat maksimal loh, jika kamu penasaran bagaimana caranya berikut Langkah Membersihkan Junk Files Menggunakan EaseUS Partition Master 11.

Langkah 1. Pertama kamu bisa buka terlebih dahulu EaseUS Partition Master 11.

Langkah 2. Kemudian silahkan kamu klik Cleanup and Optimizations > kemudian klik Junk File Cleanup untuk menghapus Junk Files yang mana itu mencakup System Junk files, Browser, Windows built in Apps (Cache dan Temp file), Other apps.

Nah biasanya saya hanya memilih System Junk Files, Windows built-in apps, dan other apps saja, sedangkan browser tidak saya centang dan saya biarkan, hal ini karena agar file Cache, Cookies, Browsing History dan lain lain masih tetap ada dan tidak terhapus oleh EaseUS Partition Master Professional 11.

Langkah 3. Jika sudah dipilih, silahkan klik Analyze untuk melihat file apa saja yang dapat dihapus.

Wah ada cukup banyak bukan, kamu juga bisa klik pada icon tanda panah kebawah untuk melihat detail lebih lanjutnya.

Langkah 4. Untuk menghapus Junk file tersebut, langkah terakhir adalah klik Clean up dan selesai deh, sekarang file yang telah di analyze sebelumnya akan langsung terhapus dan itu akan memberikan sedikit ruang kosong di Storage yang kamu gunakan.

Nah langkah ini sebenarnya sama saja dengan menggunakan Disk Cleaner di Windows 10 atau Storage Sense, namun menurut saya langkah dengan EaseUS Partition Master 11 ini lebih cepat, sama cepatnya dengan menggunakan CCleaner.

Silahkan dicoba guys, jika kebetulan kamu memiliki aplikasi yang sama.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.