Home PC 7 Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows PC

7 Emulator Android Terbaik untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows PC

Menjalankan Aplikasi Android di Windows: 7 Emulator Android Terbaik untuk PC

Pengen maenin Clash of Clans di Windows? Atau Pokemon GO? Atau aplikasi Android lainnya?

Ada beberapa cara menjalankan aplikasi Android di Windows, mulai dari memakai emulator hingga melakukan dual boot OS. Dan di artikel kali ini WinPoin akan fokus di metode yang paling simple dan gak ribet: pakai emulator.

Kenapa menggunakan emulator gak ribet?

Karena kamu gak perlu menyiapkan partisi, ngurusin kompatibilitas PC, boot option, pindah boot, dsb. Meskipun dengan menggunakan emulator ada harga yang perlu kamu bayar, yaitu masalah performa yang tidak akan sekencang saat kamu menjalankannya melalui opsi dual boot melalui Remix OS atau sejenisnya.

Ada cukup banyak emulator Android untuk menjalankan aplikasi Android di PC. Berikut ini adalah 7 emulator Android terbaik yang bisa kamu pilih:

 

Andyroid

Entah kamu pengen maen Clash of Clans, berkomunikasi via snapchat, atau menjalankan aplikasi Android favorit kamu lainnya di Windows, Andyroid bisa menjadi emulator Android pilihan.

Andyroid ini gratis dan menawarkan berbagai fitur integrasi antara Android dan Windows, seperti:

  • Akses dari Android ke local file
  • Sinkronisasi antara desktop & mobile device
  • Terintegrasi dengan push notification desktop
  • Bisa menjalankan hampir semua aplikasi Android di Windows
  • menggunakan smartphone sebagai joystick untuk menikmati game yang menggunakan sensor gyro
  • Integrasi microphone dan kamera
  • Support Xbox / PS controller
  • Menjalankan apps langsung dari Desktop, seolah-olah seperti sebuah native apps.
  • dsb

Dibanding mayoritas emulator Android lainnya, Andyroid terbilang cukup ringan saat dijalankan.

Download Andyroid (Gratis)

 

BlueStacks

BlueStacks merupakan salah satu emulator Android populer. Penggunanya sangat banyak dengan jumlah koleksi aplikasi yang juga melimpah.

Salah satu fitur unggulan BlueStacks adalah fitur stream game yang tengah kamu mainkan ke Twitch, serta BlueStacks TV untuk melihat stream game dari pengguna BlueStacks lainnya.

Download BlueStacks (Gratis)

 

Droid4x

Droid4x merupakan emulator Android yang berfokus pada performa, sehingga jangan heran kalau performanya saat digunakan menjalankan Android di PC terbilang lancar.

Sama dengan Andyroid, Droid4x juga mendukung fitur game controller, sehingga kamu bisa maen game dengan menjadikan smartphone sebagai controller (paling asik buat maen game racing yang menggunakan gyro sensor), atau bisa juga menggunakan controller Xbox / PS.

Download Droid4x (Gratis)

 

Genymotion

Cukup berbeda dengan Android emulator lainnya yang berfokus ke konsumer / user, Genymotion berfokus untuk developer. Jadi jika kamu developer aplikasi Android, dengan Genymotion kamu bisa mencoba aplikasi buatan kamu secara virtual di lebih dari 40 device Android. Selain itu kamu bisa menjalankan aplikasi tersebut di semua versi Android.

Download Genymotion (Freemium)

 

Nox

Buat kamu para gamer, Nox adalah emulator Android yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan gaming Android di PC. Salah satu fitur unggulannya adalah Assistive Utilities dimana kamu bisa mapping tombol di keyboard untuk controller Android, misalkan saja tombol arah kiri untuk swipe kiri, dsb.

Oh ya..kalo kamu pengen main Pokemon GO di PC, Nox merupakan emulator Android yang bisa jadi pilihan.

Download Nox (Gratis)

 

Xamarin Android Player

Tidak banyak yang tahu ini, tetapi Microsoft juga memiliki emulator Android. Xamarin Android Player merupakan emulator Android bagi developer yang ingin menguji coba aplikasi Android buatannya di Windows.

Dibuat oleh Xamarin, kini Xamarin Android Player sepenuhnya menjadi milik Microsoft pasca diakuisisi beberapa waktu lalu.

Download Xamarin Android Player (Gratis)

 

AMIDuOS

American Megatrends (AMI) yang merupakan perusahaan ternama pembuat firmware BIOS AMIBIOS tidak ketinggalan juga untuk ikut terjun membuat emulator Android.

AMIDuOS, itulah emulator Android buatan mereka yang menjadi salah satu emulator dengan integrasi Windows yang sangat baik.

Kamu bisa pin aplikasi Android di Taskbar Windows sehingga seolah-olah seperti aplikasi native, performa juga mulus dengan pemanfaatan 3D Acceleration dan OpenGL driver untuk membuat game Android bisa berjalan lancar.

Selain itu kamu bisa dengan mudah melakukan file sharing antar OS. Plus ada fitur SD Card emulation yang membuat kamu bisa dengan mudah mengkonfigurasi besarnya SD card virtual di emulator Android tersebut.

Namun sayangnya versi Android yang disediakan agak ketinggalan dengan hanya pilihan Lollipop dan Jellybean saja.

Download AMIDuOS (Berbayar)

 

Bagaimana dengan kamu, emulator Android apa yang menjadi pilihan utama kamu untuk menjalankan aplikasi Android di PC?

Bagikan pilihan kamu disini.

NB: Jika kamu tidak puas dengan performa Android yang dijalankan melalui emulator, WinPoin sarankan kamu memilih jalur dual boot seperti menggunakan Remix OS misalnya.

Kunjungi DroidPoin, untuk coverage lengkap seputar Android

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.