Ayoooo, siapa diantara kamu disini yang suka nambahin pengingat (notifikasi) ulang tahun di kalender Windows 10 kamu? Pastinya terkadang kamu merasa cukup terganggu jika disaat-saat penting (misalkan lagi presentasi) notifikasi tersebut tiba-tiba muncul?

Nah, dikesempatan kali ini, WinPoin akan memberikan tutorial bagaimana agar notifikasi ulang tahun tidak lagi muncul atau muncul hanya di tempat tertentu saja misalnya lockscreen.

Sebenarnya ada cara mudah agar notifikasi tersebut tidak muncul sama sekali, yakni kamu bisa mengaktifkan opsi Focus Assist pada panel notifikasi Windows 10 atau kamu juga bisa menyembunyikan notifikasi ulang tahun kamu dengan menghapus ceklis pada opsi kalender ulang tahun yang ada di aplikasi kalender Windows 10 milikmu.

Selain itu masih ada cara yang lain, yakni menonaktifkan seluruh notifikasi kalendar di Windows 10 kamu. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup pergi ke  System > Notifications & actions, lalu selanjutnya carilah opsi notifikasi untuk kalender dan matikan opsi tersebut. Dengan demikian kamu tak akan lagi mendapatkan notifikasi apapun dari kalender,tapi perlu kamu tahu WinPoin tak merekomendasikan hal ini, karena terkadang kita sudah membuat jadwal penting di kalender. Jika kamu menggunakan cara ini, otomatis semua pengingat (notifikasi) di kalender Windwos 10 tak akan muncul pada layar perngkatmu

Tapi, memang notifikasi ulang tahun itu cukup penting terutama untuk orang-orang spesial di kehidupan kita, sebut saja orang tua, adik, pacar atau bahkan mantan. Nah, maka dari itu kamu bisa meletakannya di Lockscreen. Sehingga ketika kamu mengaktifkan perangkatmu, maka kamu bisa langsung mengetahui siapa saja yang hari ini sedang ulang tahun tanpa harus memunculkan notifikasi ketika perangkat kamu tengah digunakan.

Cara untuk memunculkan notifikasi ulang tahun di Lockscreen sangatlah mudah, kamu cukup pergi ke Settings > Personalization > Lock screen, lalu tambahkan aplikasi kalender di pengaturan “choose an app to show detailed status”. Tapi, pastikan kamu tidak menghapus ceklis pada opsi kalender ulang tahun di aplikasi kalender Windows 10 milikmu, karena jika terhapus detail notifikasi ulang tahun tak akan muncul.

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.