Cara Mengaktifkan Build-in Translator di Firefox (1)

Mozilla, perusahaan yang menaungi Firefox nampaknya sedang ‘banyak cobaan’. Baru saja minggu lalu Mozilla berhasil mengatasi sebuah exploit berupa kode web yang dapat menyebabkan iPhone crash, peneliti keamanan perangkat komputasi, Sabri Haddouche, telah mengungkap bug lain di browser Firefox yang dapat menyebabkan browser ini crash, dan tidak tanggung-tanggung, ini terjadi baik di Mac, Linux, maupun Windows!

ZDNet pertama kali melaporkan bahwa bug ini tidak hanya menimbulkan crash di mesin Windows, ini juga akan menjadikan seluruh OS freeze, mengharuskan pengguna melakukan hard reboot yaitu mematikan PC, kemudian menyalakannya kembali. Platform seluler memang aman dari exploit ini karena dari tes yang dilakukan ZDNet, tidak tampak masalah pada Firefox di Android dan iOS.

Saat menjelaskan bagaimana exploit ini bekerja, Haddouche mengungkap kepada ZDNet bahwa script tersebut membuat file (blob) yang berisi nama file yang sangat panjang dan mengharuskan pengguna men-download nya setiap satu milidetik.

“Ini menyebabkan file membanjiri saluran IPC (Inter-Process Communication) antara proses utama dan turunan Firefox, menjadikan browser ini freeze,” ungkap Haddouche.

Haddouche juga telah mengabarkan exploit baru ini kepada Mozilla, yang nampaknya akan menyertakan perbaikan pada Firefox 62. Build ini dikabarkan akan menyertakan 13 perbaikan bug yang signifikan. Temuan Haddouche ini juga telah ditambahkan pada platform pelacakan bug milik Mozilla dan pengguna Firefox bisa mendapatkan perbaikan dengan download update terbaru ini.

Karena Mozilla sudah mengetahui hal ini, ada baiknya kita cepat-cepat download update Firefox 62 yang berisi perbaikan bug. Daripada kita mengalami freeze di perangkat nantinya gara-gara bug tersebut.

 

 

Sumber: Techradar

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.