via OnMSFT

Kemarin Winpoin sempat memberitakan bahwa di build Insider untuk Windows 10 October 2018 Update, terdapat sebuah ‘fitur’ yang menjadikan munculnya peringatan saat kamu menginstal browser pihak ketiga. Peringatan tersebut mengajak pengguna untuk tetap menggunakan Microsoft Edge alih-alih menginstal browser baru. Hal ini menjadi kontroversi karena tindakan Microsoft tersebut dianggap sebagai invasi terhadap privasi pengguna yang ingin menginstal browser pihak ketiga seperti Chrome atau Firefox. Mendapati kontroversi ini, Microsoft nampaknya bersedia mendengarkan penggunanya dengan menghapus ‘fitur’ ini di build terbaru Redstone 5 yang baru saja diluncurkan kemarin.

Kami menguji fungsi ini hanya dengan para peserta Insider – Program Windows Insider memang memungkinkan Microsoft menguji berbagai fitur, fungsi, dan mendapatkan masukan sebelum menggulirkannya secara luas. Pelanggan kami tetap memegang kendali dan dapat memilih browser favoritnya.

Microsoft juga menambahkan bahwa hal ini hanya ‘sekedar testing‘ saja, sehingga para pengguna tidak perlu resah. Microsoft bersedia menanggapi setiap keluhan pengguna apabila dirasa ada fiturnya yang menjadikan pengguna tidak nyaman.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Ed Bott dari ZDNet, didapati bahwa ‘iklan’ tersebut dapat dimatikan atau dihidupkan, namun tidak lagi dijumpai peringatan saat menginstal browser pihak ketiga di build terbaru: 17758.1. ZDNet juga memeriksa PC yang menjalankan Redstone 5 build 17755.1 dan 19H1 build 18234. Hasilnya, semua build ini tidak lagi memiliki ‘iklan’ demikian.

Memang bisa dimaklumi bahwa banyak fitur dan fungsi Windows 10 yang masih dalam pengujian, namun dirilis oleh Microsoft untuk mendapatkan masukan dari para pengguna. Ini memang sudah menjadi tujuan Windows Insider, yaitu menguji coba fitur sebanyak mungkin sebelum digulirkan secara umum kepada para pengguna.

Dengan keputusan Microsoft untuk meniadakan fungsi ini, nampaknya kamu tidak perlu lagi diganggu oleh popup yang muncul saat menginstal browser pihak ketiga.

 

Sumber: OnMSFT

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.