via Thurrott

Salah satu hal yang ‘menyebalkan’ bagi pengguna Windows 10 adalah, seringnya muncul ‘iklan’ pop-up berisi ajakan untuk menggunakan produk-produk Microsoft. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa itu wajar saja karena toh kita menggunakan platform milik Microsoft (Windows 10) dan juga bisa jadi terbantu oleh iklan tersebut. Baru-baru ini, Microsoft bertindak lebih intrusif lagi dengan menampilkan iklan Microsoft Edge ketika pengguna berupaya menginstal browser pihak ketiga, dan seakan mengajak untuk ‘tidak usah menggunakan browser baru tersebut’.

Ini terjadi dalam build terbaru Windows 10 October 2018 Update. Jika kamu sudah menggunakan build ini, maka akan muncul pop up yang mengajak untuk menggunakan Edge saja alih-alih menggunakan browser pihak ketiga.

via MSPoweruser

Microsoft bahkan juga mengubah bagian pengaturan dan meletakkan opsi “Show me app recommendations” yang seakan mengajak pengguna untuk membiarkan Microsoft ‘mempromosikan’ aplikasi-aplikasi milik mereka lainnya untuk kita gunakan. Jika kamu tidak menyukai hal ini, pastikan untuk memastikan rekomendasi aplikasi tersebut nanti di bagian Apps & Features.

via Thurrott

Apalagi seperti yang dapat diduga, Microsoft secara default mengaktifkan settingan tersebut, sehingga nantinya kita akan menerima iklan popup terkait aplikasi dan layanan Microsoft.

Meskipun ini belum beredar secara luas, sepertinya akan menjadi masalah besar dan menimbulkan gelombang gerutuan jika Microsoft memaksakan ‘fitur’ ini dalam Windows 10 October 2018 Update. Tentu saja banyak orang yang tidak akan suka jika dipaksa-paksa menggunakan aplikasi yang tidak diinginkannya. Bagaimana menurut kamu akan langkah Microsoft ini? Apakah kamu juga akan terganggu jika mendapatkan pesan popup semacam ini?

 

 

Sumber: MSPoweruser, Thurrott.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.