Beralih ke platform lain tentu saja bukan merupakan suatu hal yang mudah. Banyak hal yang memengaruhi pertimbangan dalam memilih platform tertentu, belum lagi pilihan perangkat mobile yang ingin digunakan. Jika kamu semua tadinya adalah pengguna platform mobile Microsoft (Windows Phone atau Windows 10 Mobile), tentu kamu sedikit banyak sudah terbiasa dengan berbagai aplikasi Microsoft di platform mobile Microsoft dan jika berganti platform, menginginkan pengalaman yang kurang lebih sama atau bahkan lebih baik. Oleh karena itu saya tertarik untuk membandingkan pengalaman saya dalam menggunakan berbagai aplikasi milik Microsoft di iOS dan Android sebagai tambahan informasi dan wawasan bagi teman-teman semua yang ingin berganti platform, namun masih bingung memilihnya. Mungkin karena terbiasa menggunakan platform Microsoft, maka aplikasi dari Microsoft bisa dijadikan salah satu faktor penentu keputusan bagi teman-teman semua.

 

Perbandingan Microsoft Apps iOS vs Android

Berikut ini saya sampaikan ulasan beberapa aplikasi Microsoft yang paling sering saya gunakan di iOS dan Android untuk dijadikan pertimbangan bagi teman-teman yang menginginkan pengalaman optimal dengan aplikasi Microsoft setelah raksasa software ini tidak lagi melanjutkan proyek Windows Phone miliknya.

1| Skype

Untuk Skype, baik untuk iOS maupun Android, kelihatannya memiliki pengalaman pengguna yang serupa. UI keduanya nyaris mirip total, hanya saja untuk Android, tombol New Message terletak di sudut kanan bawah sehingga memudahkan untuk dijangkau bagi orang yang hobi menggunakan perangkat dengan satu tangan. Perbedaan lain mungkin terletak pada gestur untuk kembali ke halaman sebelumnya (back). Jika di Android, kita dapat menekan tombol Back, sementara di iOS, kita harus melakukan swipe dari kiri ke kanan (seperti umumnya aplikasi iOS).

 

2| Microsoft Office

Microsoft Office memiliki UI yang sangat serupa baik untuk iOS maupun Android. Saya nyaris tidak merasakan perbedaan pengalaman saat menggunakan Word, Excel, ataupun PowerPoint baik di perangkat iOS maupun Android. Namun mungkin ada satu pembeda besar.

Jika kamu adalah tipe pekerja mobile yang sering bekerja di mana saja dan harus menggunakan MS Office nyaris full-time di perangkat seluler, maka perangkat Android akan memberikan satu kelebihan yaitu: support mouse! Jika kamu memiliki mouse Bluetooth, maka kamu dapat menyambungkannya dengan perangkat Android kamu dan memperlakukannya seperti sebuah mini-PC. Alat penunjuk yang akurat seperti mouse ini akan sangat membantu ketika kamu harus berpindah-pindah halaman dengan cepat di MS Word, atau berpindah kolom dan baris saat menggunakan Excel. Perangkat iOS, bahkan termasuk iPad generasi terbaru sekalipun memang sengaja dibuat tidak support mouse. Kamu hanya bisa mengandalkan sentuhan jari untuk menavigasi MS Office, dan tentu saja ini tidak akan seakurat saat menggunakan mouse!

 

3| OneNote

7 Tips OneNote

Untuk OneNote, tidak ada perbedaan yang berarti pada UI. Pengalaman pengoperasian aplikasi catatan andalan Microsoft ini juga tidak memiliki perbedaan yang berarti antara iOS dan Android. Sinkronisasi juga berjalan sangat sempurna dengan versi PC. Untuk OneNote, menurut pendapat saya pribadi, keduanya berimbang.

 

4| Microsoft To-Do

Microsoft To-Do merupakan aplikasi To-Do List andalan Microsoft. Kekuatan aplikasi ini adalah pada sinkronisasi antar perangkat dan manajemen tugas yang mudah, mendukung produktivitas. Dari hasil penelitian saya, UI di iOS dan Android tidak berbeda, dan bahkan fiturnya pun sama.

Trivia: Microsoft To-Do di Windows 10 Mobile malah lebih baik dibandingkan iOS dan Android karena memiliki Dark Theme. Aplikasi di iOS dan Android belum memiliki fitur ini, namun dijanjikan Microsoft akan siap dalam waktu yang tidak lama lagi.

 

5| SwiftKey

Untuk SwiftKey, tidak diragukan lagi: Versi Android lebih superior. Mengapa demikian? Ini karena batasan yang ditetapkan oleh Apple sendiri untuk aplikasi keyboard. Pada dasarnya, Apple masih ‘setengah hati’ mengizinkan pihak ketiga untuk ikut serta dalam pengalaman keyboard iOS. Hasilnya? Saat ingin mengetik, seringkali yang keluar bukan SwiftKey, tapi keyboard bawaan iOS. Dalam banyak situasi, sering juga SwiftKey ‘menghilang’ entah kemana dan digantikan keyboard asli. Prediksi yang menjadi andalan SwiftKey juga tidak se-powerful di Android. Belum lagi jika kita bicara fitur, banyak fitur SwiftKey Android yang tidak hadir ke iOS.

 

6| OneDrive

Untuk OneDrive, meskipun sedikit berbeda, keduanya tertata rapi dan memiliki fitur yang serupa. OneDrive (dan produk Cloud lain) memang merupakan salah satu produk andalan Microsoft yang menjadikan raksasa Redmond ini mencapai pertumbuhan profit yang signifikan. Kamu akan mendapati pengalaman yang bagus baik menggunakan OneDrive di iOS maupun Android. Keduanya dapat digunakan sebagai sarana penyimpanan file alternatif sehingga kamu dapat mengaksesnya dari mana saja.

 

7| Microsoft Edge

Untuk Edge, kembali Android meraih keunggulan mutlak. Wajar saja, karena untuk region Indonesia, Microsoft belum mengizinkan Edge untuk di-download di perangkat iOS. Sementara itu, Edge di Android sudah lama dapat digunakan meski menggunakan region Indonesia. Jika kamu adalah penggemar berat aplikasi-aplikasi buatan Microsoft dan juga pengguna setia Windows 10, maka menggunakan Edge mobile akan membantu keberlanjutan pengalaman pengguna kamu. Aktivitas kamu di Edge mobile akan masuk ke Timeline sehingga dapat kamu lanjutkan di PC nantinya.

 

8| Microsoft Outlook

Outlook untuk Android & iOS Diupdate Agar Lebih Keren Lagi

Untuk Outlook, saya mendapati bahwa Outlook di iOS sedikit lebih baik. Ini wajar karena Outlook di iOS pada dasarnya adalah sebuah aplikasi email lama yang sudah sangat populer (Acompli) yang di re-branded. Banyak fitur yang sudah sejak lama ada di iOS, namun baru-baru saja dikejar di Android. Selain itu, pemformatan email, penyimpanan file dan menyatakan kesiapan hadir lewat pengelola email otomatis lebih mudah dilakukan pada Outlook di iOS.

 

9| Microsoft Translator

Microsoft Translator memiliki fitur yang kurang lebih serupa, baik untuk iOS maupun Android. Kamu tidak akan menemui perbedaan yang signifikan baik saat menggunakan aplikasi ini di iOS, maupun di Android.

 

10| Microsoft Launcher

Oke ini jelas-jelas kemenangan mutlak Android. Adanya Microsoft Launcher tentu saja memberikan pengalaman pengguna yang khas bagi penggemar Microsoft yang saat ini menggunakan Android. Selain mudah men-download aplikasi Microsoft lainnya melalui Microsoft Launcher, kamu juga dapat merasakan interaksi aplikasi yang khas jika menggunakan Launcher ini. Sayang seribu sayang, pengalaman serupa tidak dapat dinikmati di iOS karena tentu saja perangkat iOS tidak mengenal konsep ‘launcher’ sama sekali.

 

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, perlu kita akui bahwa pengalaman menggunakan berbagai aplikasi Microsoft banyak yang lebih unggul di Android. Sistem Android yang terbuka menjadikan Microsoft lebih mudah menyesuaikan pengalaman aplikasi-aplikasi dasar Microsoft ke sistem Android. Sebenarnya lebih banyak lagi aplikasi Microsoft yang dapat diulas. Untuk October 2018 Update mendatang, bahkan Android akan dapat menggunakan aplikasi baru: Your Phone, yang akan memudahkan pengguna berkirim SMS langsung dari PC yang terhubung ke perangkat Android.

Melihat fakta ini, jika memang teman-teman adalah ‘mantan’ pengguna Windows 10 Mobile dan ingin merasakan pengalaman yang baik dengan aneka aplikasi buatan Microsoft, Android nampaknya sebuah pilihan yang lebih relevan. Tapi tentu saja bukan itu saja alasan kita untuk memilih sebuah platform. Banyak hal lain yang menjadi pertimbangan, dan saya harapkan teman-teman semua mendapatkan yang terbaik!

Punya pendapat lain mengenai pengalaman menggunakan aplikasi Microsoft di platform iOS dan Android? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.